Perjalanan Penyakit

0

Perjalanan penyakit kanker payudara dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain stadium dan jenis dari kanker saat pertamakali didiagnosis,faktor resiko yang dimiliki oleh penderita, dan pengobatan yang dijalani. Kanker payudara yang tidak didukung dengan terapi yang sesuai akan menyebabkan kanker tersebut cepat berkembang ke stadium yang lebih berat, kanker dapat menyebar ke organ-organ yang lain (metastasis) bahkan menimbulkan kematian.

 

Kanker payudara dalam perjalanan penyakitnya dapat menyebar ke organ-organ lain (metastasis) melalui sistem limfe (getah bening). Organ-organ yang dapat diserang antara lain paru, hati, otak, dan paling sering tulang. Metastasis ke tulang bisa terjadi hampir 70% dari seluruh kasus kanker payudara yang metastasis. Tulang yang paling sering terserang adalah tulang belakang (vertebrae) dan tulang panjang seperti lengan dan tungkai. Selama berada di tulang, sel kanker akan merusak jaringan tulang yang sehat menyebabkan kerapuhan dan pengeroposan tulang. Oleh karena itu, pada pasien dengan kanker payudara sering menggunakan kursi roda atau pengaman leher dan mengeluh nyeri tulang.

 

Perkiraan angka harapan hidup selama 5 tahun berdasarkan stadium pada  penderita kanker payudara adalah :

 

Stadium I

98%

Stadium II

88%

Stadium IIIA

56%

Stadium IIIB

49%

Stadium IV

16%

About author

No comments

Komplikasi

1.Langsung  Yang berhubungan dengan penyakitnya, dapat berupa: Obstruksi ileus (penyumbatan usus) Vesikovaginal fistel (lubang di antara saluran kencing dan vagina) Obstruksi ureter (penyumbatan pada saluran ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann