Tindakan Selanjutnya

0

Seorang wanita dengan hasil pap smear normal sebaiknya rutin melanjutkan skrining pap smearnya.

Bila hasilnya sel atipik (tidak jelas normal atau abnormal), pap smear akan diulang setelah 4 bulan. Bila hasil tes ulangan abnormal, dokter akan melakukan tindakan kolposkopi. Dalam tes ini dokter melihat serviks dengan alat kolposkop (mikroskop khusus untuk melihat serviks). Pemeriksaan ini tidak menyakitkan dan tidak ada efek sampingnya. Bahkan dapat dilakukan saat kehamilan. Apabila ada hasil sel yang abnormal, dokter akan melakukan biopsy (pengambilan contoh jaringan untuk diperiksa di bawah mikroskop).

Hasil pap smear yang abnormal atau curiga ganas, dokter akan melakukan kolposkopi dan dilanjutkan dengan biopsi. Biopsi adalah satu-satunya cara untuk menentukan hasilnya apakah seseorang sedang dalam stadium prakanker, kanker atau lainnya. Beberapa tindakan biopsi memerlukan bantuan anestesi baik lokal maupun total. Sebagai terapi stadium prakanker atau kanker stadium awal, dokter mungkin mengambil semua bagian jaringan selama tindakan biopsi. Bila kedua hasil biopsi maupun pap smear normal,  pap smear ulangan perlu dilakukan setelah 4 bulan. Bila hasil biopsy normal namun hasil pap smear abnormal, dokter akan melakukan pemeriksaan kolposkopi dan biopsy ulang. Bila hasil biopsi abnormal dan curiga CIN (Cervical Intraepiyhelial Neoplasia) atau kanker, akan diterapi sebagai kanker serviks.

Walaupun pap smear adalah metode terbaik dalam deteksi dini kanker serviks, tes ini tetap mempunyai kekurangan. Beberapa perubahan dapat tidak terdeteksi. Sehingga tetap diperlukan pemeriksaan pap smear teratur minimal setahun sekali, sesuai dengan rekomendasi American Cancer Society. Skrining pap smear teratur tetap harus dibarengi dengan gaya hidup sehat, tidak merokok, tidak minum alkohol, berolah raga secara teratur dan hindari stres.

About author

No comments

Diagnosa Kanker Umum

Diagnosa kanker umum dibagi mnejadi :  Patologi Anatomi FNA-B Radiologi Kimia, Patologi Klinik Lainnya
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann