Radiasi dari Dalam

0

Radiasi dari dalam (internal) : radiasi berasal dari materi radioaktif yang terdapat di dalam suatu benih, jarum atau pipa plastik yang tipis yang ditanam pada jaringan tubuh dekat kanker. Pengobatan ini dapat dilakukan di rumah sakit atau di rumah, tak diharuskan untuk rawat inap dan dokter dapat menggunakan radiasi berdosis tinggi. Namun, radiasi ini terbatas untuk tempat yang dapat ditanami implan.

 

Contoh terapi ini yakni :

1.       brakhiterapi

Brakiterapi melibatkan penempatan sumber radiasi tertutup ke dalam atau dekat tumor dan kemudian meninggalkannya untuk beberapa periode tertentu sampai tercapai dosis radiasi pengobatan tumor.

Brakiterapi ini umumnya untuk mengobati kanker otak dan kanker area leher.

Kekurangan terapi ini adalah efek radiasinya pendek dan adanya ketidakmampuan untuk mencapai volume radiasi yang sesuai, serta adanya radiasi ini dapat mengenai jaringan normal sehingga dapat terjadi keradangan pada area sekitar tumor, misalnya terjadinya enteritis atau cervisitis pada kanker cervix.

2.       radioimunoterapi dan radionuklida

Penggunaan radionuklida sebagai terapi kanker mulai sering digunakan. Contoh terapi ini adalah Iodine 131 yang digunakan untuk terapi kanker tiroid, di mana yodium secara alami dapat diambil oleh tiroid. Dengan adanya pengambilan ini, mengizinkan sinar gamma dapat masuk dan merusak seluruh kanker tiroid, termasuk jaringan normalnya. Begitu pula dengan strontium 99 dan Samarium 153.

About author

No comments

Perubahan Fisik & Emosional

Menghadapi Perubahan Fisik & Emosional Overview Perubahan emosional akibat diagnosa kanker Efek kemotx Efek Radioterapi Kecemasan & ketakutan Reaksi menghadapi kanker Anxiety checklist for Px (How ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann