Tetap cantik dan sehat dengan hijab

0

Anda sebagai perempuan muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan jilbab atau kerudung. Sekarang lebih dikenal dengan hijab. Syar’i atau tidak, yang namanya berhijab menutup rambut anda rapat-rapat. Tentu saja perawatan rambut berbeda dengan mereka yang tidak menggunakan hijab. Oleh karena itu, kesehatan rambut harus mendapatkan perhatian lebih bagi anda yang berhijab.

Merawat rambut berhijab sebetulnya tidak susah, asal rutin dilakukannya. Oleh karena itu, perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambut bagi wanita berhijab pun tidaklah harus mahal, karena semua bisa anda lakukan sendiri di rumah.

 

Berikut ini beberapa cara perawatan rambut untuk Anda yang mengenakan hijab agar rambut dan kulit kepala tetap sehat :

 

Keramas secara teratur

Keramas teratur minimal dua hari sekali. Pilih shampo yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya yang berkhasiat memperbaiki pertumbuhan rambut serta mengurangi kerontokan. Atau pilih shampo yang sesuai jenis rambut anda. Gunakan shampo secara tepat dan teratur. Selalu gunakan kondisioner sehabis keramas agar rambut lembut, harum, dan kuat. Hindari pemakaian conditioner di akar rambut, karena jika hal itu terjadi akan membuat rambut semakin lembab dan mengundang ketombe.

 

Masker rambut dan hair tonic

Gunakan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Sari avokad untuk rambut kering, atau sari jeruk nipis untuk rambut berminyak dan berketombe. Ginseng bisa digunakan untuk menguatkan akar rambut. Gunakan masker setelah keramas, kemudian oleskan di sekitar rambut. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, lalu bilas kembali menggunakan air bersih. Untuk membantu menguatkan akar rambut, manfaatkan serum antirontok atau hair tonic. Selalu gunakan hair tonik setelah keramas, dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena pijatan ringan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah

 

Creambath

Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lembab dan kulit kepala berketombe.

 

Makanan

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup kita. Untuk itu perbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin B dan vitamin C, asam lemak omega-3, zinc, serta zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami seperti Kacang-kacangan, bayam, pisang, ikan salmon, dan tiram.

Rajin menyisir rambut
Rajin-rajinlah menyisir rambut minimal empat kali sehari. Menyisir rambut sama halnya melakukan pemijatan kulit kepala yang bermanfaat membantu kelancaran peredaran darah. Sebaiknya gunakan sisir plastik yang bergigi jarang untuk mencegah kerontokan. Hindari menarik garis belahan rambut hanya pada satu sisi karena kerontokan bisa berawal dari garis belahan rambut.

 

Gunakan hijab saat rambut kering
Pada saat rambut basah hindarilah untuk mengenakan jilbab/kerudung, karena  rambut yang basah lebih rapuh daripada rambut kering. Terlalu banyak gesekan pada rambut basah bisa mengakibatkan rambut mudah rontok. rambut yang lembab tertutup menjadi tempat favorit munculnya ketombe, rambut basah yang menjadi lembab saat ditutup dengan kain bisa menyebabkan bau tidak sedap saat jilbab Anda dibuka. Jika terburu-buru, gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. gunakan temperatur rendah dengan jarak 10-15 cm dari rambut.

 

Model rambut yang praktis
Hindari model rambut yang terlalu panjang karena akan membuat kepala terasa lebih panas akibat kurangnya sirkulasi udara. Sebaiknya panjang rambut tidak melebihi 60 cm. Disarankan potongan rambut tidak berponi, karena daerah kulit muka sekitar dahi jadi lebih mudah berjerawat. Jangan mengikat rambut terlalu kencang,karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

 

Menjaga kebersihan rambut dengan baik bisa memperkecil risiko kerusakan kulit kepala dan rambut anda. Jangan seharian memakai hijab, maksimal 8 jam, atau setidaknya luangkan sedikit waktu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas. Sekarang tak usah ragu lagi untuk menggunakan hijab bagi anda wanita muslim

About author

No comments

Cervical & Breast Cancer Tree

Konsep model CERVICAL & BREAST CANCER TREE merupakan hasil pemikiran yang dinamis dan akan senantiasa berkembang dengan cara melakukan analisis, evaluasi serta melakukan upaya penyempurnaan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann