Operasi Sederhana

0

Operasi sederhana dalam pengobatan tumor / kanker adalah operasi atau pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat suatu tumor dari tubuh seseorang.

Umumnya pemilihan operasi sederhana ini ditujukan untuk tumor yang tidak memerlukan anestesi regional (anestesi yang terbatas pada suatu area tertentu) atau  anestesi total (membuat pasien tidak sadar).

Operasi sederhana ini dapat digunakan untuk tumor yang tidak bersifat ganas dan residif atau untuk mengambil sedikit jaringan tumor untuk mendiagnosa apakah tumor tersebut bersifat ganas atau jinak.

Contoh operasi pengobatan untuk tumor yakni operasi pengangkatan lipoma.

Contoh operasi untuk mendiagnosa tumor yakni biopsi jaringan.

Adapun prosedur operasi sederhana ini tidak serumit operasi besar. Saat akan menjalani operasi sederhana, maka anda akan menjalani :

 

Perencanaan dan Pra Operasi

Ada baiknya jika anda dan dokter bedah berunding untuk memastikan pilihan operasi yang memberikan hasil terbaik. Ambil waktu sebaik mungkin untuk memikirkan apakah cara ini memberikan hasil terbaik untuk kesehatan anda dan waktu yang ada sebaiknya digunakan untuk mempelajari penyakit dan pengobatan anda, untuk berbicara dengan orang – orang di sekitar anda, untuk mengatur pemikiran anda dan juga untuk menetukan tim untuk perawatan.

Inform Consent / Surat Persetujuan Operasi

Inform consent merupakan salah satu hal penting dari persiapan operasi, di mana sebelum memberi persetujuan terhadap dokter untuk dioperasi, anda terlebih dahulu harus diterangkan mengenai :

  • Kondisi kesehatan dan mengapa operasi ini dipilih sebagai pengobatan
  • Tujuan operasi
  • Bagaimana operasi itu sendiri
  • Keuntungan operasi terhadap anda
  • Resiko operasi
  • Efek samping operasi
  • Pilihan pengobatan lain.

Dengan menandatangani inform conset tersebut berarti anda sudah menerima segala informasi dan bersedia untuk dioperasi.

Disarankan untuk anda membaca dan memahami dengan baik seluruh isi inform consent tersebut dan semua pertanyaan anda telah dijawab oleh dokter. Jika perlu, anda di dampingi oleh keluarga atau teman saat menandatangani inform consent.

 

Pemeriksaan Pra Operasi

Pemeriksaan pra operasi ini ditujukan untuk memeriksa apakah ada faktor resiko bagi anda untuk menjalani operasi sederhana ini, misalnya resiko pemanjangan waktu pembekuan darah yang menjadi faktor resiko untuk terjadinya perdarahan abnormal. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan darah (darah lengkap dan faal darah).

Jika pemeriksaan darah normal, maka anda akan dipersiapkan untuk melakukan operasi.

 

Anestesi

Anestesi yang digunakan adalah anestesi lokal (terbataas pada area yang akan dioperasi). Anestesi ini membuat anada teteap sadar.

 

Operasi

Teknik operasi yang digunakan membuat ketetapan – ketetapan tindakan berbeda pula.

 

Masa Penyembuhan

Masa penyembuhan ini dapat anda habiskan di rumah. Dan anda akan diberi surat kontrol untuk datang kembali ke rumah sakit / klinik dokter dengan tujuan memantau hasil pengobatan.

About author

No comments

Efek Samping

Efek samping pengobatan merupakan efektak berguna bagi tubuh, bahkan cenderung merugikan yang muncul selama atausetelah pengobatan dilakukan. Namun tak semua orang dapat mengalami efeksamping pengobatan, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann