Wisata yang Berbudaya

0

Anda sedang berwisata di suatu tempat, kehabisan tempat untuk dikunjungi yang tidak hanya menawarkan keindahan tapi juga unsur pendidikan budaya untuk si kecil?? Banyak diantara kita yang terlalu terpaku pada wisata alam ketika kita bertandang ke sebuah wilayah. Padahal potensi wisata sebuah wilayah bukan hanya terletak pada wisata alam, tapi beberapa tujuan ini memiliki potensi wisata pendidikan dan budaya juga.

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk berkarya atau membuat sesuatu. Umumnya membuat kerajinan tangan seperti batik dan tenun. Bisa juga kelas memasak.

Tentu berkarya saat wisata terkendala waktu yang tak banyak. Tenang saja, banyak tempat yang menawarkan kursus kilat. Uniknya, banyak pula kursus berkaitan dengan budaya dan tradisi setempat. Tertarik? Coba cari tempat-tempat di destinasi Anda yang menawarkan kelas workshop secara kilat.

1. Museum

Museum umumnya terkesan kaku dan membosankan bagi anak-anak maupun dewasa. Namun tahukah Anda banyak museum di Indonesia yang menawarkan workshop kilat. Sebut saja seperti Museum Wayang di Jakarta yang memiliki kelas workshop membuat wayang janur (wisata budaya). Atau, di Museum Puri Lukisan Ubud di Bali mengajarkan kelas membuat banten atau sajen khas umat Hindu di Bali (wisata budaya).

BIDADARI SAYS: “mengajak anak untuk mencintai budaya dengan cara memperkenalkan pada kesenian-kesenian khas Indonesia. Ini bisa jadi ide menarik untuk mengisi waktu liburan si kecil dan menambah wawasan budayanya…” by wat

2. Desa Adat dan Desa Wisata

Mengunjungi desa adat di suatu wilayah memiliki banyak keuntungan. Kita bisa melihat kehidupan dan budaya penduduk asli dan juga berburu suvenir.

Penduduk di berbagai desa adat atau desa wisata di Indonesia biasanya memiliki keahlian dalam membuat suatu kerajinan. Pengunjung yang datang pun bisa ikut belajar membuat kerajinan tersebut.

Misalnya seperti Kampung Tarung di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Di kampung ini, wisatawan bisa melihat cara pembuatan tenun motif Sumba. Tak jarang, wisatawan juga bisa mencoba menenun. Jika berkunjung ke Lombok bisa juga mengunjungi desa adat SADE yang bisa menunjukkan cara hidup warga lombok, rumah adat dan juga atraksi proses pembuatan kain tenun.

BIDADARI SAYS: “Ketika ke Lombok saya menyempatkan ke Sade dan terkesima dengan fakta-fakta tentang rumah adat mereka. Dimana mereka masih mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau. Sangat beruntung saya sempat berkunjung ke desa yang masih kental adat dan budayanya ini.” by nee

3. Sentra Kerajinan

Sentra kerajinan di daerah bisa menjadi tempat belajar pembuatan suatu kerajinan. Anda bisa melihat langsung proses pembuatan, sekaligus sesekali mencoba ikut membuatnya.

Misalnya sentra pembuatan dodol di Garut. Selain bisa melihat cara membuat dodol, Anda bisa ikut membantu mengaduk adonan dodol. Atau, di toko Chocodot, Anda bisa belajar membuat cokelat isi dodol.

Tempat pembuatan batik biasanya juga menyediakan kursus kilat pembuatan batik. Setelah kursus, peserta bisa berbelanja batik. Contohnya adalah sentra batik di Tasikmalaya dan Cirebon atau Kampung Laweyan di Solo.

BIDADARI SAYS: “Saya memilih berkunjung ke Laweyan di hari terakhir liburan saya di Solo dan tidak pernah menyesali keputusan saya. Laweyan adalah kampung yang bersih dan asri, penuh bangunan tua yang pas untuk spot narsis dan pengalaman membatik jadi kesenangan tersendiri…” by nee

4. Sanggar

Beberapa sanggar seni di Indonesia menawarkan pengalaman lebih kepada pengunjung. Tak sekadar melihat penampilan seni, tetapi juga membuat pengunjung berpartisipasi mempelajari kesenian ataupun membuat sesuatu.

Contohnya adalah Sanggar Asmara Bangun di Malang. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan pentas Wayang Topeng Malang. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar membuat topeng kayu.

5. Cooking Class

Percakapan para Ibu dan para penggemar kegiatan dapur ketika menyantap kuliner khas suatu daerah biasanya tidak jauh dari “Apa nama makanan ini?”, “Apa bahannya?” atau “Bagaimana cara membuatnya?”

Jika Anda sedang berkunjung ke Lombok tepatnya di daerah pantai Kuta, Anda bisa menemui hotel dan homestay atau bahkan rumah warga yang memajang tulisan “Cooking Class”. Disana Anda bisa mendapatkan pelajaran memasak masakan khas Lombok.

BIDADARI SAYS: “Saat melewati rumah warga dekat hotel saya di pantai Kuta, Lombok mata saya menangkap tulisan cooking class. Penasaran saya mengintip dari jendela yang terbuka dan ternyata ada beberapa turis asing yang mengikuti kelas memasak Plecing Kangkung dan Ayam Bakar Taliwang.” by nee

About author

No comments

Cervical & Breast Cancer Tree

Konsep model CERVICAL & BREAST CANCER TREE merupakan hasil pemikiran yang dinamis dan akan senantiasa berkembang dengan cara melakukan analisis, evaluasi serta melakukan upaya penyempurnaan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann