USG

0

Mesin USG tidak menggunakan sinar radiasi namun menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan menembus tubuh. Gelombang suara dipantulkan oleh organ dalam dan jaringan, sehingga menimbulkan echoes yang berbeda-beda. Echoes ini akan ditangkap dan diproyeksikan ke gambar dalam tingkatan warna yang berbeda. Gambaran ini disebut sebagaisonogram.

 

USG terutama baik untuk menunjukkan penyakit pada jaringan lunak, yang tidak terlihat dengan jelas pada x-rayUSG merupakan sarana diagnostik yang sangat baik untuk membedakan antara kista dengan tumor  padat. Selain itu USG juga dapat digunakan untuk menentukan sejauh mana tumor darikerongkongan, anus atau rahim telah menembus dinding organ. Dokter juga sering menggunakan USGuntuk membantu melakukan biopsi, dimana dokter dapat melihat letak tumor pada monitor USGsembari menempatkan jarum biopsi pada organ atau tumor tersebut. Keunggulan lain yaitu USGdengan Doppler flow machines, dapat memperlihatkan aliran darah melalui pembuluh darah tanpa perlu menggunakan senyawa kontras. Hal ini sangat berguna, mengingat adanya perbedaan aliran darah pada tumor dibanding jaringan tubuh normal.

 

Meskipun murah dan cukup baik namun gambar yang diperoleh tidak sedetail gambar yang dihasilkan oleh mesin CT Scan dan MRI. Gambaran USG tidak dapat ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi. USGjuga tidak dapat membedakan dengan pasti antara massa yang jinak dengan yang ganas. Keterbatasan lainnya adalah USG hanya dapat dipergunakan pada area tubuh tertentu saja, tidak bisa pada  paru-paru dan tulang. Hal yang perlu diingat, kualitas dari hasil pembacaan sonogram sangat bergantung dari kemampuan operator, dimana hal ini tidak berlaku pada pemeriksaan CT Scanataupun MRI.

 

Transducer (bagian mesin USG berupa semacam tongkat yang menghasilkan gelombang suara)umumnya diletakkan pada permukaan kulit. Pada beberapa kasus, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, transducer dapat dimasukkan melalui lubang tubuh pasien, seperti kerongkongan, anus dan vagina.

 

Persiapan yang perlu dilakukan oleh pasien menjelang pemeriksaan bergantung dari lokasi yang akan diperiksa. Pada beberapa pemeriksaan, pasien dapat diminta untuk puasa, meminum laksan ataupun meminum sejumlah air untuk mengisi kandung kemih sehingga mempermudah pemeriksaan dan menghasilkan gambaran yang lebih baik.

 

Pemeriksaan akan berlangsung sekitar 20 sampai 30 menit. Pasien akan berbaring di meja pemeriksaan sambil dokter mengoleskan gel pada kulit pasien. Gel berfungsi untuk melicinkan dan sebagai media transmisi gelombang dari tranducer. Pemeriksaan ini tidak menimbulkan rasa sakit dan efek samping, namun terkadang pasien merasakan tekanan yang diakibatkan tranducer sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

 

About author

No comments

Menghadapi Kematian

Kematian merupakan hal yang secara induktif, bersifat pasti. Maksudnya adalah kematian yang notabene ?tidak pernah dialami? oleh yang lain, hanya diketahui atau hanya sebagai pengetahuan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann