USG

0

USG merupakan teknik radiologi mengunakan gelombang bunyi frekuensi tinggi yang kemudian menghasilkan gambaran dari struktur organ dalam tubuh. Gelombang bunyi dikirimkan ka dalam jaringan tubuh melalui alat yang disebut transducer. Transducer diletakkan persis pada permukaan kulit yang akan diperiksa, dengan sebelumnya diaplikasikan gel pada area yang akan diperiksa. Setelah transducer mengirimkan gelombang bunyi, gelombang ini akan dipantulkan oleh struktur dalam tubuh sebagai ‘echoes’ atau pantulan. Pantulan ini ditransmisikan secara elektrik dan dapat dilihat monitor USG. Setelah USG selesai dilakukan, gel dibersihkan.

      Penggunaan USG tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menggunakan radiasi apapun sehingga dapat dilakukan pada semua jenis kelamin, terutama pada wanita yang sedang mengandung. USG tidak menyebabkan efek samping apapun.

        Sama halnya seperti pada CT scan, fungsi daripada USG yaitu untuk mengevaluasi struktur organ dalam tubuh. Namun dengan teknik dan prosedur yang berbeda. Dalam penggunaannya di dalam kasus kanker cervix, USG dapat membantu lokalisasi tumor maupun menentukan apakah terdapat penyebaran ke organ lain.

About author

No comments

Museum Kanker Indonesia di YKW

Launching Museum Kanker Indonesia di Surabaya   Launching Museum Kanker Indonesia dari Yayasan Kanker Wisnuwardhana (YKW) rencananya ditandai dengan rangkaian acara pada tanggal 2 dan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann