Tumor Marker

0

Petanda tumor (tumor marker) adalah substansi biologi yang diproduksi oleh sel-sel tumor,masuk dalam aliran darah,dan dapat dideteksi jumlah/nilainya dengan pemerikaan. Petanda-petanda tumor, idealnya mempunyai potensi untuk membantu ahli klinik dengan cara memberi sinyal aktivitas penyakit dalam keadaan tidak adanya manifestasi klinik, sehingga dengan demikian memberikan suatu metode skrining untuk penyakit preklinik, memantau status tumor selama pengobatan, dan mendeteksi kekambuhan dini.Karena kemajuan dalam teknologi antibodi monoklonal, banyak petanda tumor sekarang dapat terdeteksi dalam sampel cairan tubuh yang sedikit misalnya serum, air kemih (urin), atau cairan dalam rongga perut (asites).

 

Untuk dapat dipakai secara klinik maka petanda tumor harus memiliki sensitivitas dan spesifitas tertentu, tetapi yang menjadi masalah pada pemakaian klinis suatu petanda tumor adalah spesifitas. Dalam teori, petanda tumor yang “ideal” harus mempunyai beberapa atribut:

  1. Petanda tumor harus dibuat oleh tumor tersebut dan tidak terdapat pada individu sehat atau pada individu yang mengalami kelainan non neoplastik.
  2. Petanda tumor disekresikan kedalam sirkulasi dalam jumlah banyak sehingga kadar dalam serum meningkat dalam keadaan adanya sejumlah relatif kecil sel-sel yang bersifat kanker.Kadar petanda tumor akan seusuai dengan volume dan luasnya neoplasia sehingga kadar serialnya secara akurat akan mencerminkan perkembangan klinis penyakit dan regresi ke kadar normal akan terkait dengan kesembuhan. 

 Klasifikasi lain dari petanda tumor berdasarkan :  

1. Produk yang dihasilkan oleh sel tumor itu sendiri (tumor – derived product).      Berupa antigen onkofetal, yang terdiri dari senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh sel embrio dan sel tumor. Senyawa ini juga dihasilkan oleh sel normal yang ”undifferentiated” tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. Dan kadar senyawa ini akan meningkat secara bermakna pada penderita kanker.      Contoh :      –  Carcinoembryonic Antigen (CEA)      –  Alfa – Fetoprotein (AFP)   

 

2. Produk yang menyertai proses keganasan (tumor – associated product).

      Produk ini merupakan senyawa yang dibentuk secara sekunder sebagai akibat dari proses keganasan, dan kadarnya juga akan meningkat secara bermakna pada penderita kanker.

 

Petanda tumor dapat dibedakan menjadi petanda tumor onkologi ginekologi, seperti AFP (Alfafetoprotein) dan CEA (Carcino Embryogenic Antigen). Selain itu juga terdapat petanda tumor hormonal, seperti hCG (Human Chorionic Gonadotropin), fragmen gonadotropin urin, human plasental laktogen, steroid, dan inhibin.

 

Petanda tumor yang untuk kanker payudara adalah  :

  • CA 125

Selain untuk kanker payudara, bisa untuk kanker rahim. Glikoprotein BM 200.000 dalton. Peningkatan CA 125 terjadi pada penyakit hati kronis, pankreatitis, peritonitis, tetapi kadarnya < 100 U/mL Sensitifitas tinggi pada karsinoma epitel ovarium. Nilai normal Ca 125 : 0 – 35 U/mL

  • CA 15.3

Glikoprotein BM 300.000 – 450.000 dalton. CA 15-3 meningkat pada kanker payudara. Digunakan untuk diagnosis dan pemantauan terapi.  Peningkatan Ca 15-3 ditemukan pada pasien sirosis, hepatitis, kelainan Autoimun dan kelainan kelenjar rahim. Nilai normal Ca 15-3 : < 31.3 U/mL

  • CEA (Carcino Embryonic Antigen).

Dapat untuk kanker kolorektal, oesofagus, pankreas, lambung, hati, payudara, ovarium dan paru-paru. Pemeriksaan CEA untuk melihat proses metastasis ke bagian tubuh yang lain. Nilai normal  CEA adalah 0 – 5 ng/mL. Apabila nilai CEA meningkat bisa berarti sebagai berikut :

– CEA > 20 ng/mL preoperasi keganasan tinggi (prognosis kurang      baik)

– CEA > 2.5 ng/ml Postoperasi adanya kekambuhan 80 % (18 bln      mendatang)

– CEA < 20 ng/ml Metastase

  • CA 27.29

 

Kegunaan pemeriksaan dengan penggunaan petanda tumor, antara lain deteksi dini atau ujisaring untuk kanker primer, menentukan tingkat keganasan (tumor staging) sebelum dilakukan terapi, deteksi adanya kekambuhan dan metastase, evaluasi prognosis, dan pemantauan respon terhadap terapi.

About author

No comments

Operasi

Pembedahan atau dikenal dengan operasi, merupakan prosedur pengobatan kanker yang paling tua, dan paling besar kemungkinannya untuk sembuh, khususnya untuk jenis kanker tertentu yang belum ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann