Terapi Tambahan

0

Banyak penderita kanker mebutuhkan terapi tambahan untuk mengurangi stres, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas hidupnya selama masa pemulihan. Relaksasi, konseling, dan dukungan psikologis merupakan hal yang dapat dilakukan sebagai terapi tambahan.

Relaksasi adalah cara efektif mengatasi stres. Dasar latihan relaksasi biasanya adalah dengan mengontrol pernafasan dan atau mengatasi ketegangan otot. Namun ada baiknya jika Anda menemukan sendiri jenis latihan yang dapat membantu Anda karena setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk meredakan stres. Anda dapat mempelajari latihan relaksasi dengan membacanya dari buku atau majalah, namun akan lebih mudah jika Anda menggunakan rekaman video atau kaset. Anda mungkin juga dapat melakukannya dengan bantuan dokter rehabilitasi medik atau ahli fisioterapi.

Diet yang tepat juga berperan serta dalam pemulihan Anda. Jika Anda kehilangan berat badan selama pengobatan kanker, mungkin Anda berusaha mengembalikan berat badan Anda tanpa memperhatikan komposisi konsumsi Anda. Sebaiknya Anda melakukan keduanya bersamaan, yaitu berusaha mengembalikan berat badan Anda dengan tetap memperhatikan komposisi makanan Anda. Konsumsilah diet yang seimbang mencakup 4 sehat 5 sempurna. Jika Anda menjani pengobatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan Anda sehingga mempengaruhi bagaimana cara Anda makan atau membuat Anda hanya dapat makan makanan tertentu, sebaiknya Anda meminta bantuan dokter, perawat, atau ahli gizi untuk mengatur diet Anda.

About author

No comments

WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann