Terapi Kanker Pada Orang Tua

0

Tujuan terapi kanker selain untuk mengobati kanker adalah mengontrol perkembangan penyakit dan menghambatnya. Jika kemungkinan untuk menyembuhkan kanker kecil, dokter akan merekomendasikan terapi yang paling efektif untuk memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, mungkin akan diberikan pilihan terapi yang dapat membantu meringankan gejala dengan efek samping yang rendah.

Beberapa pilihan pengobatan yang mungkin direkomendasikan adalah pembedahan, radioterapi, kemoterapi, terapi hormonal, imunoterapi, atau pemberian antibodi monoklonal. Untuk pembedahan, perlu mendapat perhatian karena orang tua lebih rentan. Jika memang akan dilakukan pembedahan, sebaiknya diskusikan lebih lanjut dengan ahli anestesi dan perlu perawatan yang baik pasca operasi. Radioterapi dapat dipilih jika pembedahan dan kemoterapi terlalu beresiko. Efek samping radioterapi tergantung bagian tubuh mana yang disinari.

Merupakan hal yang penting bagi dokter untuk mengetahui penyakit lain yang Anda derita sebelum memutuskan pilihan terapi Anda. Beberapa obat kemoterapi dapat mengganggu kerja jantung, hati, ginjal, atau paru. Kemoterapi juga dapat menghambat kerja sumsum tulang untuk memproduksi sel darah sehingga menyebabkan perdarahan, infeksi, atau anemia. Efek samping lain yang sering terjadi dengan pemberian kemoterapi adalah merasa tidak enak badan, mual, mulut kering, diare atau malah konstipasi, dan kerontokan rambut. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai efek samping kemoterapi yang mungkin akan terjadi, dokter mungkin akan memberikan pengobatan tambahan untuk mengatasi efek samping tersebut.

Tidak ada terapi yang benar-benar tepat bagi semua orang. Mungkin Anda dan dokter akan mengalami kesulitan untuk memutuskan pilihan terapi Anda. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memutuskannya, antara lain kondisi fisik Anda terkait usia Anda, efektifitas terapi, efek samping, serta biaya pengobatan. Mengenai biaya pengobatan, ada beberapa orang yang beranggapan tidak perlu memberikan pengobatan mahal bagi orang yang sudah tua. Namun seharusnya tidaklah begitu karena usia bukanlah penghalang untuk mendapatkan pengobatan terbaik yang mungkin kebetulan mahal harganya.    

Mengenai pilihan terapi, Andalah yang paling berhak memutuskan karena dokter biasanya hanya memberikan alternatif terapi apa saja yang baik bagi kondisi Anda dan menjelaskan informasi yang berkaitan dengan alternatif pilihan tersebut. Jika Anda merasa belum mendapatkan informasi yang cukup mewakili, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lain atau membaca artikel kesehatan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk mencari second opinion.

About author

No comments

WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann