Terapi Akupuntur pada Penderita Kanker

0

Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan tradisional dari Cina dimana jarum yang steril ditempatkan pada area tertentu tubuh (acupoints) untuk mernstimulasi aliran energy (atau ‘chi’). Biasanya jarum ditempatkan selama beberapa menit ( tidak nyeri jika dilakukan oleh akupunkturis yang ahli). Energi dipercaya mengalir di sepanjang tubuh melalui jalur khusus yang disebut meridian.

Saat energi mengalir melalui meridian, system pertahanan tubuh akan terstimulasi dan akan membawa pada respon kesembuhan dan keseimbangan. Ketika aliran energi terganggu / tidak seimbang, maka sakit / nyeri dapat timbul. Tujuan akupunktur adalah untuk memepertahankan keseimbangan dan aliran energy ke dalam tubuh untuk mengendalikan nyeri dan gejala lainnya.

Akupunktur tidak digunakan sebagai terapi satu-satunya untuk kanker, namun digunakan bersama-sama dengan pilihan terapi kanker tradisional untuk membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan kanker dan terapinya. Dalam beberapa kasus, akupunktur dapat membantu mengurangi efek samping akibat terapi, seperti mual, muntah dan stress. Beberapa pasien mengaku akupunktur membantu mengurangi rasa letih, nyeri dan neuropati yang berhubungan dengan kanker dan terapinya.

About author

No comments

Bepergian

Dahulu, pasien yang mengidap penyakit kronik seperti kanker umumnya selalu diminta untuk beristirahat dan mengurangi aktivitas. Hal ini tidaklah salah, karena bergeraknya tubuh seringkali dapat ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann