Sitologi

0

Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel. Pemeriksaan sitologi yang sering digunakan untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan cairan antara selaput pembungkus paru (cairan pleura).

 

Pemeriksaan sitologi cairan pleura adalah salah satu cara mendeteksi adanya sel kanker. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam ruangan antara selaput paru (cavum pleura) untuk mengambil sampel cairan pleura (thraccocentesis). Sampel ini kemudian diperiksa dengan mikroskop.

           

Pasien yang akan diperiksa dengan cara ini tidak ada pantangan dalam makan atau minum. Sebelum pemeriksaan, kulit yang akan diperiksa dibersihkan dahulu kemudian disuntikkan bius lokal dan jarum akan dimasukkan sampai mencapai ruangan pleura. Selama pemeriksaan, pasien tidak boleh bergerak, tidak boleh batuk, dan harus menahan nafas.

 

Pemeriksaan ini dilakukan untuk menentukan adanya cairan yang menumpuk pada ruangan antara selaput paru (cavum pleura) yang disebut efusi pleura dan juga sebagai pemeriksaan pada kasus yang dicurigai kanker.

 

Hasil yang normal dengan pemeriksaan ini adalah tampaknya sel-sel normal dibawah mikroskop. Hasil yang tidak normal adalah terlihatnya sel-sel kanker yang menandai terjadinya kanker. Pemeriksaan ini paling sering dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara, kanker paru, dan limfoma.

            Resiko dari pemeriksaan ini antara lain :

  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Paru menjadi kolaps (pneumothorax)
  • Cairan terakumulasi kembali dan mendorong struktur dalam rongga dada dan menekan pembuluh darah.

 

About author

No comments

Stadium

Stadium adalah proses dalam menemukan seberapa banyak kanker yang terdapat dalam tubuh dan di mana saja lokasinya. Para dokter menggunakan stadium untuk menentukan pengobatan terbaik dan prognosis ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann