Semakin Putih Kulit

0

Kita mengenal pendapat bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu dengan matahari meningkatkan resiko kanker kulit, namun ternyata sinar matahari juga telah menurunkan resiko dari kanker-kanker lainnya, termasuk kanker payudara.

Ketika tubuh kita terkena paparan sinar matahari secara langsung, sebenarnya kita terserang oleh sejumlah tipe radiasi yang berbeda yaitu UV A (ultra lembayung) yang tembus kedalam dan UV B yang hanya pada permukaan kulit dan dapat menyebabkan kulit terbakar. Radiasi ultraviolet yang menembus kedalam kulit merupakan isyarat bagi melantonin untuk membuat suatu pigmen yang dikenal sebagai melanin. Pigmen ini menyebabkan kulit tampak kecoklatan. Pigmen melanin akan menyerap radiasi ultraviolet dan menjaganya dari kerusakan sel. Juga merupakan pelindung alami untuk melawan kerusakan dari sinar matahari.

Radiasi ultraviolet juga meningkatkan produksi vitamin D pada kulit. Orang yang tidak pernah terkena paparan sinar matahari beresiko kekurangan vitamin D. Penggunaan sunscreen yang tidak tepat dapat menghambat kulit memproduksi vitamin D dan meningkatkan resiko kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D inilah yang dapat menjadi faktor pencetus kanker prostat, kanker payudara, dan lainnya.

About author

No comments

VIA (Visual Inspection with Acetic Acid)

Apakah VIA ? VIA adalah prosedur untuk mengetahui kelainan pada epitel serviks menggunakan asam asetat (acetic acid) 3%. Bagaimana prosedur pelaksanaan VIA? Asam asetat (3%) diusapkan pada serviks, setelah ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann