Seksualitas

0

Apakah hubungan antara seksualitas dengan pencegahan kanker payudara? Mungkin belum banyak diketahui bahwa ternyata salah satu cara mencegah terjadinya kanker payudara adalah perilaku seksual. Sebenarnya hal ini berkaitan dengan hormon seks yang dapat menjadi “makanan” bagi pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

 

Secara epidemiologik, wanita yang tidak subur cenderung lebih tinggi kemungkinannya menderita kanker payudara daripada wanita yang subur. Hal ini dapat dipahami karena pada wanita yang subur kemungkinan besar ada suatu periode dalam hidupnya ia akan hamil. Selama masa kehamilan, wanita tidak akan mengalami ovulasi. Penekanan ovulasi inilah yang dianggap mempunyai hubungan dengan rendahnya kanker payudara karena hormon-hormon seks dalam tubuh akan berubah kadarnya. Hormon estrogen akan menurun dan seperti sudah diketahui bahwa hormon estrogenlah yang memicu timbulnya kanker payudara.

 

Tidak hanya wanita yang bisa menderita kanker payudara, tapi juga pria. Hal ini disebabkan karena pria memiliki sedikit hormon estrogen dan struktur jaringan payudaranya sama dengan wanita. Kanker payudara pada pria juga bisa dicegah dengan seksualitas. Hasil penelitian di Yunani menunjukkan bahwa pria yang jarang mengalami orgasme akan lebih mudah terserang kanker payudara. Frekuensi orgasme pada pria diperkirakan berkaitan dengan testosteron yaitu hormon yang mengendalikan perilaku seksual pria. Dengan orgasme, ditengarai bahwa keberadaan hormon testosteron akan lebih dominan daripada hormon estrogen.

About author

No comments

EFEK SAMPING

selama atau setelah pengobatan dilakukan. Namun tak semua orang dapat mengalami efek samping pengobatan, tergantung metode pengobatan atau kondisi kesehatan.   Hubungi dokter atau perawat ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann