Seksualitas

0

Kita dapat mencegah terjadinya kondisi pre-kanker dengan menghindari paparan HPV. Perilaku seksual tertentu dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi HPV.

  1. Jangan mulai berhubungan seksual pada usia muda(<16 tahun)
  2. Jangan berganti-ganti pasangan seksual
  3. Jangan berhubungan seksual dengan pasangan yang berganti-ganti pasangan seksual
  4. Gunakan kondom pada seks yang kurang aman.

Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa penggunaan kondom yang benar dapat menurunkan angka kejadian HPV hingga 70% apabila digunakan setiap kali berhubungan seksual. Kondom tidak dapat melindungi secara sempurna karena tidak  mencakup kulit genital/area anal.

  1. Minta pria pasangan seksual untuk disirkumsisi

Bila pria belum disirkumsisi, maka kulit kepala penisnya tidak bisa dibuka, sehingga kotoran yang ada menumpuk di dalam. Sekitar leher penis pun tidak bisa dibersihkan.Kotoran yang terjadi dan menumpuk di daerah itu dapat berakibat buruk. Ini dapat menjadi pencetus timbulnya kanker penis pada pria tersebut. Selain itu, dapat pula menjadi pemicu timbulnya kanker leher rahim jika kotoran tersebut terlepas dan masuk ke dalam vagina.

  1. Jangan melakukan petting (melakukan hubungan seks dengan atau tanpa pakaian, tetapi tanpa melakukan penetrasi penis ke dalam vagina) karena dapat menularkan infeksi HPV melalui cairan tubuh yang dikeluarkan.
  2. Menggunakan sex toys bersamaan   

Oleh karena infeksi HPV dapat ditularkan melalui cairan tubuh termasuk sperma

About author

No comments

Faktor Resiko Tidak Bisa Diubah

Keadaan Geografis Suatu Negara / Daerah Hal ini dikaitkan dengan kondisi geografis di mana seseorang tinggal. Misalnya, angka kejadian kanker leher rahim di negara Asia ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann