Sehat dengan tidur

0

Tahukah anda, kulit sehat bisa didapatkan dengan cara tidur yang benar dan berkualitas. Karena dengan tidur yang berkualitas proses regenerasi sel berjalan dengan baik sehingga membuat kulit anda lebih bagus. Baru-baru ini penelitian masalah tidur dilakukan oleh American Cancer Society, AS, bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kebiasaan tidur dan kesehatan manusia yang diamati selama enam tahun. Terhadap warga yang berusia 30-60 tahun dengan jumlah lebih dari satu juta jiwa. Hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur delapan jam sehari memiliki risiko 12 persen meninggal dengan cepat. Risiko itu meningkat menjadi 17 persen pada orang-orang yang tidur selama tujuh jam sehari. Sementara risiko lebih besar, yaitu 34 persen, terjadi pada orang-orang yang tidur dalam 10 jam.

Ketika anda tidur dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Maka anda pun akan merasakan kelesuan, kelelahan, dan pusing. Agar anda bisa terbebas dari hal tersebut, sebaiknya anda keluar dari kamar tidur untuk mendapatkan paparan sinar matahari selama 10-15 menit. Atau paksakan diri anda untuk melakukan suatu aktivitas jauh dari kamar tidur.

Oleh karena itu, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal sebelum anda mengistirahatkan mata agar kulit selalu sehat dan terlihat segar.

Pertama : Selamat bagi anda yang tidur dengan posisi tidur terlentang.Karena tidur terlentang tidak mempengaruhi kesehatan kulit anda. Jika anda tidur tengkurap atau menyamping, maka akan terbentuk garis kerutan pada bagian wajah dan mata. Tapi, jika anda sudah terlanjur menyukai tidur tengkurap atau menyamping, sebaiknya anda menyiasatinya dengan sarung bantal berbahan satin. Tekstur yang halus itu bisa mengurangi risiko kerutan pada wajah.

Kedua : Ketika tidur, usahakan posisi kepala anda lebih tinggi dari jantung. Sehingga ketika bangun mata anda tidak terlihat bengkak, karena cairan didalam tubuh tidak menumpuk disekitar wajah.

Ketiga : Tidak makan menjelang tidur malam, lebih baik anda mengutamakan sarapan pagi dibanding makan di malam hari. Makan pada posisi yang tepat akan membantu tubuh untuk menciptakan metabolisme yang sempurna.

Keempat : Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat dan alkohol, terutama 3-5 jam sebelum tidur.

Kelima : Untuk menyegarkan tubuh, tidur tidak harus lama. Yang penting masing-masing orang bisa mengukur kebutuhan waktu tidur sesuai kondisi fisiknya dan tidak  berlebihan. Alangkah baiknya anda tidur teratur sehingga metabolisme tubuh berjalan baik.

Keenam : Faktor yang sangat menentukan bagi tidur berkualitas adalah tempat untuk tidur. Anda yang tidur dengan tidak sengaja di sembarang tempat akan sulit mendapatkan kesegaran saat bangun. Sedangkan bagi mereka yang bisa dengan sengaja memilih tempat yang nyaman untuk tidur akan lebih cerah kondisi fisiknya saat terbangun.

Ketujuh : Lakukan olah raga atau menggerakkan badan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Olah raga mampu melancarkan peredaran darah dan menambah semangat untuk beraktivitas. Serta menormalkan produksi hormon yang bisa membantu kenyamanan saat anda tidur.

Semoga setelah membaca anda akan mendapatkan kulit sehat dan bagus. Selamat mencoba !

About author

No comments

WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann