Sayang dengan Rambut, Why not???

0

Rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi setiap orang. Setiap helai rambut sangat berharga, tapi tahukah anda cara mencuci rambut yang benar? Padahal sudah memakai shampo dan kondisioner tetap kelihatan kusam, kusut, sulit diatur dan terjadi kerontokan rambut. Kesalahan ini timbul karena anda kurang memahami cara mencuci rambut yang baik dan benar. Simak tips berikut ini:

Terlalu sering mencuci rambut

Buat anda yang mempunyai tipe rambut berminyak, pasti sangat sering mencuci rambut. Dengan alasan agar rambut tidak lepek dan tidak bau. Tapi tahukah anda, jika pemilihan shampo yang tidak tepat akan membuat rambut anda akan bertambah kusam, karena merangsang produksi minyak alami yang berlebihan. Sebagai solusi, gunakanlah dry shampo. Jika memang diperlukan mencuci rambut setiap hari, pilihlah shampo dengan kandungan alkohol yang lebih sedikit.

Menggosok shampo hingga berbusa di kepala

Hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, sehingga saat mencuci rambut anda selalu melihat rambut rontok pada saat atau setelah mencuci rambut. Untuk mengatasinya,  anda harus menuangkan shampo pada tangan bukan kepala. Kemudian beri air dan gosok shampo hingga berbusa, selanjutnya cuci rambut dengan shampo yang ditangan anda. Dengan begitu akan mengurangi rambut rusak saat keramas.

Menggaruk rambut dengan kuku

Hindari menggaruk kepala dengan kuku, apalagi untuk tipe rambut berminyak. Hal itu akan memicu kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan. Alangkah baik jika anda memijatnya dengan ujung jari, hal ini akan membuat peredaran darah lancar dan anda sendiripun akan terasa rileks.

Bilas rambut dengan air hangat

Air hangat digunakan saat mandi dipercaya akan membuat tubuh lebih rileks. Tapi, jika anda gunakan pada rambut pori-pori dan akar rambut menjadi longgar. Tahukah anda rambut terdiri dari keratin yang merupakan protein untuk menyehatkan rambut. Ketika anda menyiram rambut dengan air hangat maka yang akan terjadi pada rambut anda terdenaturasi atau terbakar. Jadi, alangkah baiknya anda mencuci rambut dengan air sejuk yang dipercaya membuat rambut lebih kemilau.

Salah mengaplikasikan kondisioner

Penggunaan kondisioner sangat diperlukan untuk mahkota anda. Karena kondisioner mampu mengembalikan kelembapan rambut yang hilang saat mencuci rambut. Penggunaan kondisioner juga perlu diperhatikan, karena jika salah kulit kepala semakin berminyak. Alangkah baiknya kondisioner digunakan pada ujung rambut bukan kulit kepala. Kemudian diamkan selama 3-5 menit untuk mendapatkan rambut dengan hasil yang maksimal.

Mengeringkan rambut dengan menggosok

Terakhir kesalahan fatal yang sering dilakukan anda setelah mencuci rambut adalah menggosok-gosokkan rambut pada handuk. Hal itu akan membuat kondisi rambut yang basah menjadi lebih rapuh sehingga mudah rontok. Perhatikan juga penggunaan hairdriyer, jangan menggunakannya dengan jarak terlalu dekat pada rambut. Dan jangan terlalu sering juga menggunakannya, karena hal ini akan membuat rambut pecah-pecah atau bercabang. Jika ingin menyisir saat basah, gunakan sisir dengan bergigi jarang.

Selamat mempunyai rambut sehat berkilau !

About author

No comments

Radiasi dari Dalam

Terapi radiasi dari dalam / radiasi internal / brachytherapy merupakan  bentuk inovasi dari radioterapi internal,disebut juga interstitial irradiation.HDRbrachytherapy selain digunakan untuk mengobati kanker serviks, juga untuk kanker ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann