Ringkasan Tips

0

Bagaimana berhubungan dengan penderita kanker?

 

  • Biarkan penderita yang memimpin penbicaraan. Jika mereka ingin berbicara, jadilah pendengar yag baik. Dengarkan apa yang mereka katakan dan bagaimana mereka mengatakan hal tersebut.

 

  • Berusahalah untuk tetap tenang. Hal ini akan membantu penderita kanker lebih fokus pada apa yang sedang mereka pikirkan. Terkadang keadaan yang hening membuat penderita merasa nyaman dan memberi kesempatan bagi penderita untuk mengutarakan perasaannya lebih dalam. Apabila Anda tidak cukup tenang akan membuat penderita tidak nyaman.

 

  • Cobalah untuk melakukan kontak mata dengan penderita. Hal ini akan memberikan perasaan bahwa Anda ada bersama mereka dan sungguh-sungguh mendengarkannya.

 

  • Berikan sentuhan jika diperlukan, misalnya dengan menggenggam tangan. Penderita akan merasa diperhatikan dan mendapat dukungan dari Anda.

 

  • Tetap tersenyum dapat menghilangkan batas di antara Anda dan penderita.

 

  • Berusahalah untuk tidak memberikan saran karena penderita akan beranggapan bahwa bukan Anda yang berada dalam posisi mereka dan saran Anda menjadi kurang berkenan. Penderita lebih suka jika Anda cukup memberikan pertanyaan dan mendengarkan.

 

  • Jangan pernah mengatakan bahwa Anda mengetahui apa yang mereka rasakan karena terkadang hal ini dapat membuat penderita tersinggung dan marah. Penderita menganggap bukan Anda yang menderita kanker dan Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang mereka rasakan.

 

  •  Jika Anda ingin menangis, berikan penjelasan kepada penderita. Berusahalah untuk menjauh sampai Anda merasa lebih baik karena tangisan Anda yang tidak terkendali akan membuat penderita tidak nyaman.

 

  • Penderita kanker tidak selalu ingin memikirkan atau berbicara tentang penyakitnya karena akan mengingatkan identitasnya sebagai penderita kanker. Pembicaraan tentang topik lainnya seringkali lebih disukai.

 

  • Ajaklah penderita untuk melakukan kegiatan bersama, misalnya bermain kartu atau mengunjungi bioskop. Perkirakanlah batas kemampuan mereka, tanyakan apakah penderita mungkin membutuhkan istirahat. Tetapi jangan tempatkan mereka sebagai orang yang sedang sakit sehingga Anda terlalu melindungi dan membuatnya tidak bebas.

 

  • Lakukan kunjungan bagi penderita kanker. Anda dapat mengajak orang lain, teman atau keluarga yang mungkin dapat menambah kebahagiaannya. Jika Anda tidak dapat melakukan kunjungan, cobalah untuk tetap berhubungan dengannya melalui surat, email, atau telepon.

 

  • Hal yang terpenting, jadilah diri Anda sendiri dan cobalah untuk tidak mengkhawatirkan apakah yang Anda lakukan sudah benar. Biarkanlah perkataan dan perbuatan Anda muncul dari hati dan semuanya terjadi karena Anda menyayangi mereka.

About author

No comments

Terapi Kanker Pada Orang Tua

Tujuan terapi kanker selain untuk mengobati kanker adalah mengontrol perkembangan penyakit dan menghambatnya. Jika kemungkinan untuk menyembuhkan kanker kecil, dokter akan merekomendasikan terapi yang paling ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann