Replacement

0

Tindakan pengobatan kanker, terutama operasi seringkali harus mengangakat organ tubuh yang dianggap sudah tidak berfungsi lagi dan bahkan dapat menjadi media penyebaran kanker. Adanya pengangkatan organ ini tidak memandang bulu, misalnya organ penting wanita seperti rahim atau payudara, atau organ reproduksi pria seperti testis.

 

Hal ini membuat penderita kanker seringkali jatuh dalam keadaan depresi karena organ tubuh yang sering kali terkena kanker adalah organ yang berperan penting dalam nilai estetika (payudara) atau pun penting untuk melanjutkan keturunan / simbol seorang wanita atau pria (testis atau rahim).

 

Pelayanan rehabilitasi memang tidak dapat menggantikan fungsi organ tersebut, namun dapat memperbaiki nilai estetika organ – organ tersebut, misalnya :

–         pengadaan bedah plastik untuk membentuk payudara palsu atau organ lain yang dapat dimanipulasi

–         pengadaan protese untuk menggantikan alat tubuh yang hilang. Kebanyakan protese yang ada sekarang juga mampu menggantikan fungsi tubuh yang ada.

 

Pelayanan rehabilitasi ini ditangani oleh dokter ahli rehabilitasi medik, bekerja sama dengan dokter bedah plastik dan para medis lain fisioterapis yang akan membantu pasien mempergunakan alat pengganti ini semaksimal mungkin.

About author

No comments

Tentang Kanker

Kanker dapat menyerang semua orang tanpa membedakan usia, ras, atau golongan. Oleh karena itu, suatu waktu dalam hidupnya, seseorang akan bertemu penderita kanker dan diharuskan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann