Relationship Outside the Family

0

Lingkungan kerja

Penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker yang meneruskan bekerja mempunyai produktivitas yang sama dengan pekerja lain. Kembali bekerja dapat membantu penderita kanker merasakan bahwa mereka sudah kembali pada kehidupan normal. Beberapa penderita dapat mengganti pekerjaan setelah perawatan. Apabila penderita kanker memutuskan untuk mencari pekerjaan baru setelah perawatan, dianjurkan untuk mengambil pekerjaan yang dapat diatasi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah dalam pekerjaan, antara lain :
1. Putuskan bagaimana mengatasi masalah tersebut
? Apa yang menjadi hak anda sebagai pegawai?
? Apa keinginan anda untuk membereskan masalah yang terjadi?
? Apa anda masih menginginkan bekerja disana atau mencari pekerjaan baru?

2. Apabila dibutuhkan, mintalah pada rekan sekerja anda untuk mengatur apa yang dibutuhkan anda
? Mulailah dengan bicara secara informal dengan pengawas anda, rekan sekerja, dan orang-orang lain yang bekerja di kantor anda
? Mintalah suatu perubahan yang dapat membuat anda lebih mudah dalam bekerja seperti bekerja di rumah, peralatan khusus di kantor, waktu istirahat
? Dokumentasikan setiap permintaan dan hasilnya

3. Mintalah bantuan pada rekan sekerja anda apabila anda butuhkan
? Mintalah dokter atau perawat anda untuk menentukan waktu pertemuan yang tidak bersamaan waktunya dengan tanggungjawab pekerjaan anda
? Mintalah kepada dokter anda agar menuliskan surat pada rekan sekerja anda tentang bagaimana kanker yang anda derita mempengaruhi pekerjaan dan jadwal anda
Anda tidak memiliki kewajiban untuk membicarakan penyakit kanker yang anda derita kecuali masalah kesehatan anda mempunyai akibat langsung pada pekerjaan anda.

Hubungan dengan teman

Tanggapan dari teman, teman sekantor, atau teman di sekolah setelah anda menjalani perawatan kanker mungkin akan berbeda. Beberapa orang mungkin akan memberikan dukungan yang besar, sementara yang lain mungkin akan menjadi sumber kemarahan dan memberikan rasa frustasi. Beberapa orang bermaksud baik namun mereka tidak mengetahui harus bersikap seperti apa. Sebagian lagi tidak mau terlibat dengan kanker anda sama sekali.
Apabila teman anda telihat tidak memberi dukungan, itu bisa karena mereka mengkhawatirkan anda atau mereka sendiri. Pengalaman kanker anda membuat mereka berpikir kanker ini bisa terjadi pada siapa saja. Cobalah mengerti ketakutan mereka dan bersabarlah dalam membangun hubungan pertemanan yang baik.

Banyak penderita kanker mengatakan bersikap ceria di sekeliling teman-temannya untuk kenyamanan teman-temannya kadang sangat melelahkan. Beberapa penderita mengatakan masalah yang banyak akibat penyakitnya dapat menunjukkan bahwa beberapa teman biasa akan pergi dan akhirnya hanya orang-orang yang sangat penting yang tetap tinggal. Seorang penderita kanker otak menemukan bahwa setelah dia menderita kanker, dia menjadi tahu mana yang benar-benar teman sejati baginya.

Apabila anda menemukan perasaan teman atau rekan sekerja anda terhadap kanker menyakiti hati anda, cobalah untuk menyelesaikan masalah dengan orang tersebut secara empat mata. Namun apabila hal ini masih mempengaruhi pekerjaan anda, mungkin dapat meminta bantuan manajer, pelayan toko, atau rekan sekerja anda yang lain untuk menyelesaikannya.

Hubungan dengan orang lain

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mejalin relasi dengan orang lain setelah perawatan kanker, antara lain :
? Terimalah bantuan. Apabila teman atau keluarga memberikan bantuan, terimalah bantuan tersebut. Dalam hal ini, anda akan mendapatkan dukungan yang anda inginkan dan orang yang anda kasihi akan merasa berguna.

? Ungkapkan setiap masalah yang anda hadapai pada saat anda kembali ke lingkungan kerja atau sekolah. Atasan, guru, atau teman sekerja mungkin dapat membantu dan mengerti bagaimana anda ingin diperlakukan.

? Tetaplah jalin relasi selama masa pemulihan anda. Teman-teman anda mengkhawatirkan anda, apabila mereka mengetahui tentang perkembangan perawatan yang anda lakukan maka mereka akan merasa lebih tenang.
Hubungilah mereka lewat telepon, mengirim pesan, atau mintalah keluarga atau orang kepercayaan anda untuk melakukannya. Apabila anda bisa, makan sianglah dengan teman-teman anda. Proses kembali ke kehidupan kerja atau kehidupan sehari-hari akan lebih mudah apabila anda tetap menjalin relasi.

? Rencanakan apa yang akan anda katakan tentang penyakit kanker yang anda derita. Beberapa penderita kanker tidak ingin berfokus pada penyakit kankernya sedangkan yang lain sangat terbuka untuk menceritakannya. Anda dapat menentukan sikap apa yang ingin anda ambil sesuai dengan kenyamanan anda namun tetaplah mempersiapkan kata-kata saat anda harus menceritakan tentang kanker yang diderita.

About author

No comments

Kunjungan

Beberapa orang mungkin merasa berat untuk mengunjungi penderita kanker, terutama penderita yang sudah parah. Jika penderita kanker terlihat sangat kesakitan dan terlihat berbeda dengan mendadak, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann