Rehabilitasi (Overview)

0

Rehabilitasi merupakan salah satu proses pengobatan kanker. Rehabilitasi ini membantu anda yang terkena kanker agar dapat melakukan sesuatu dengan mandiri sebaik mungkin baik aktivitas fisik, sosial, psikologis dan fungsi kerja lainnya selama dan setelah pengobatan kanker.

 

Tim rehabilitasi yang membantu anda berupa : dokter onkologis, psikiatris, perawat yang terlatih dalam bidang rehabilitasi media, ahli gizi, pekerja sosial, fisioterapis, dan terapis kerja (occupational therapist).

 

Proses rehabilitasi ini dirancang untuk membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan mereka agar dapat berfungsi setelah adanya perubahan oleh karena suatu penyakit.

Adapun tujuan utama rehabilitasi ini adalah:

–    Membantu fungsi hidup seorang individu berada di level semaksimal mungkin

–    Membantu agar anda dapat hidup mandiri sebaik mungkin

–    Memastikan kualitas terbaik bagi hidup anda

 

Rehabilitasi kanker dapat meningkatkan kualitas hidup dengan cara:

–    Mengurangi nyeri dengan menggunakan obat dan teknik pereda nyeri lainnya

–    Merencanakan diet dengan ahli gizi

–    Meningkatkan kondisi fisik dan level performa dengan program latihan yang membantu membangun kekuatan, daya tahan dan mobilitas tubuh.

–    Memberi dukungan agar pasien dapat berhenti merokok

–    Meningkatkan fungsi sosial, emosional, dan mental pasien dan keluarga serta adanya penatalaksanaan manajemen stres, cemas, dan depresi.

–    Menyediakan bantuan dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari – hari (ADL / activities of daily living) seperti makan, minum, berpakaian, mandi, memasak dan pekerjaan rumah dasar.

–    Mengurangi masalah tidur

–    Mengurangi jumlah hari rawat inap

–    Memaksimalkan kekuatan fisik untuk mengatasi keterbatasan

–    Membantu pasien untuk mengatasi rasa kehilangan.

 

Pelayanan yang disediakan oleh dokter spesialis rehabilitasi medik berupa latihan kerja, pelayanan pekerjaan rumah dan protese (alat pengganti organ tubuh) atau program latihan.

 

Rehabilitasi ini mungkin akan memakan waktu yang lama dan sering kali menimbulkan rasa frustasi oleh karena hasil yang diinginkan tak tercapai dengan segera. Kadang anda merasa usaha anda sia – sia dan proses ini terlalu berat. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap aktif melalukan segala program yang ditawarkan.

About author

No comments

DUKUNGAN TERHADAP EFEK SAMPING

Mengatasi efek samping yang timbul akibat pengobatan kanker dapat ditindaklanjutin oleh dokter yang merawat dan anda sendiri.   EFEK SAMPING JANGKA PENDEK Adapun hal yang ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann