Rehabilitasi

0

Rehabilitasi merupakan bagian dari terapi kanker, yang dapat membantu penderita kanker untuk mengembalikan fungsi tubuh seoptimal mungkin. Tenaga kesehatan yang terlibat didalamnya adalah dokter, perawat, pekerja sosial, dan terapis.

 

Rehabilitasi dirancang untuk mengembalikan fungsi tubuh secara bertahap setelah fungsi tubuh terganggu oleh penyakit yang berat. Termasuk didalamnya adalah :

  • Memperbaiki fisik tubuh, meningkatkan ketahanan tubuh
  • Memperbaiki fungsi saluran cerna, kandung kemih
  • Mengatasi nyeri
  • Memperbaiki gizi
  • Memperbaiki emosi, fungsi luhur, pengertian, fungsi sosial
  • pembuatan prostese (membuat pengganti bagian tubuh, seperti kaki palsu)

 

Proses rehabilitasi dapat berlangsung lama, dan sering menyebabkan rasa frustasi karena hasilnya lambat didapat. Seringkali penderita merasa usaha mereka sia-sia atau merasa tidak sanggup berusaha lebih keras lagi. Beri dorongan kepada penderita untuk ikut aktif ambil bagian dan tawarkan dukungan selalu. Jika rehabilitasi belum diusulkan oleh dokter tetapi menurut anda orang yang anda sayangi akan memperoleh manfaat untuk rehabilitasi, diskusikan tentangnya kepada dokter yang merawat.

About author

No comments

Practical Issues (Overview)

Kehidupan setelah didiagnosa kanker memang agak sulit. Namun jika kita tahu trik – trik menghadapinya, akan lebih mudah untuk menjalaninya.   Practical issues membahas mengenai bagaimana ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann