Radiasi dari Dalam

0

Brachytherapy, yang dikenal juga sebagai radiasi dari dalam (internal radiation), adalah cara lain untuk memberikan terapi radiasi. Sebagai pengganti dari ekternal radiasi yang menyinari tubuh dari luar, benih atau butiran radioaktif yang ditempatkan secara langsung ke dalam jaringan payudara yang berdekatan dengn kanker. Prosedur ini sering digunakan sebagai sebuah cara untuk memberikan tambahan radiasi pada sisi tumor (bersamaan dengan eksternal radiasi pada keseluruhan payudara), sekalipun dapat juga dilakukan secara tunggal. Ukuran tumor, lokasi, dan faktor-faktor lainnya dapat membatasi siapa saja yang dapat menjalani brachytherapy.

Ada beberapa tipe brachytherapy, antara lain:
• Intracavitary brachytherapy: metode dari brachytherapy terdiri dari balon kecil yang tersemat pada pipa tipis. Balon yang dikempiskan tersebut dimasukkan pada ruangan di sebelah kiri dari lumpectomy dan diisi dengan cairan air garam (hal ini dapat dikerjakan pada saat dikerjakan lumpectomy atau beberapa minggu setelahnya). Balon dan pipa tersebut ditinggalkan di tempat selama pengobatan (dengan ujung dari pipa tersebut masih menempel di luar payudara). Dua kali sehari, sumber radioaktif tersebut ditempatkan ke tengah-tengah balon melalui pipa tersebut dan dikeluarkan. Hal ini dapat diselesaikan dalam 5 hari sebagai pasien rawat jalan. Balon kemudian dikempiskan dan dikeluarkan. 
• Interstitial brachytherapy: pada pendekatan ini, pipa berlubang,yang dikenal sebagai kateter dimasukkan ke dalam payudara di sekitar area yang tealh dikerjakan lumpectomy and ditinggalkan di tempat tersebut dalam beberapa hari. Butiran radioaktif dimasukkan dalam kateter tersebut dalam periode waktu yang singkat dalam tiap-tiap hari dan kemudian dikeluarkan. 

Tips: Konsultasikan kepada dokter yang merawat penderita terapi radiasi mana yang paling tepat dengan keadaan penderita. 

About author

No comments

Festival Musim Gugur di Dunia (Jepang)

Di Indonesia, kita memang hanya mengenal dua musim, yaitu musim kemarau (musim panas) dan musim hujan. Banyak wisatawan yang melancong ke luar negeri demi mengenal ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann