Puber

0

Pada masa ini, perubahan yang terjadi dalam kehidupan wanita sangat mencolok, mulai dari pertumbuhan dan perkembangan payudaranya yang makin nyata sampai fase menarche, dimana untuk selanjutnya secara siklik mereka akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Oleh sebab itulah perlu perhatian khusus dalam memberikan pemahaman dan pendampingan oleh orang tua, khususnya ibunda. Kesehatan payudara : masa ini menjadi sangat penting mengenai wawasan tentang kesehatan payudara karena pada umumnya pertumbuhan dan perkembangan payudara sudah sangat dipengaruhi oleh perubahan hormonal karena siklus menstruasi. Pemahaman tentang pentingnya penggunaan bra yang ergonomis dan tidak traumatic yang terbuat dari bahan yang tepat harus mulai ditanamkan untuk menghindari trauma akibat penggunaan bra yang terlalu menekan dan iritasi kulit akibat penggunaan bahan yang tidak nyaman. Tidak kalah pentingnya adalah pengenalan tentang pemeriksaan payudara sendiri (sarari) yang ideal dilakukan setiap bulan, satu minggu setelah menstruasi. Cara melakukan sarari dapat dibaca dalam artikel sarari. Hal itu penting agar para remaja kita mengenal tubuhnya dengan baik, sehingga bila ada perubahan sekecil apapun mereka akan lebih mudah mengenalinya. Selain itu, sejak masa awal pubertas massage payudara boleh mulai rutin dilakukan untuk merawat dan memperindah bentuk payudara.

            Kesehatan genitalia : pada masa ini, pemahaman kebersihan genitalia sudah menjadi kebutuhan yang wajib karena hal itu menjadi dasar dalam upaya menjaga kesehatan genitalianya. Remaja wanita sudah mengalami masa menstruasi yang rutin setiap bulannya. Cara perawatan organ genitalia yang benar sangat penting disosialisasikan pada masa ini agar genitalia hygiene dapat dicapai dengan maksimal. Dimulai dengan cara penggunaan pakaian dalam sehari- hari yang kering dan bersih, kemudian segera mengganti celana dalam bila telah lembab atau  kotor oleh cairan vagina. Kemudian, perawatan pada saat menstruasi khususnya dimana infeksi genitalia cenderung lebih potensial terjadi. Mulai dari pemilihan pembalut yang berdaya serap tinggi tetapi sirkulasi udara tetap dapat dipertahankan dengan baik. Selain itu, sama dengan disposable diapers, proses pembuatan pembalut wanita juga tidak kalah pentingnya. Penggunaan bahan-bahan kimia tertentu sangat berbahaya bagi kesehatan alat genitalia kita, jadi hendaknya hindari produk-produk yang ekonomis tetapi justru membahayakan kesehatan. Kemudian cara perawatan organ genitalia pada saat menstruasi juga penting untuk diketahui semua wanita. Pembalut hendaknya segera diganti sebelum penuh atau setiap 4 jam, karena darah menstruasi merupakan media yang baik untuk perkembangan kuman, apalagi daerah ?bawah? sangat tinggi kelembabannya. Didukung pula oleh iklim di negara kita yang tropis juga sangat mempengaruhi pula kelembaban daerah tersebut. Kuman dan jamur sangat menyukai tempat yang lembab. Jika daya tahan tubuh sedang menurun, sangat mungkin kuman tersebut menginfeksi kita. Sedangkan infeksi genitalia yang tidak diobati dengan sempurna merupakan fektor resiko terjadinya insiden kanker leher rahim untuk jangka panjang.

About author

No comments

Paliatif (Overview)

Pelayanan paliatif merupakan terapi yang ditujukan untuk membantu orang dengan berbagai stadium kanker untuk dapat hidup dengan baik.   Pelayanan paliatif dimulai saat proses kanker ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann