Prosedur Pap Smear

0

Pap smear merupakan pemeriksaan mikroskopis yang pada umumnya bersamaan dengan pemeriksaan payudara secara perabaan. Pemeriksaan ini biasanya tidak lama (1 menit) dan tidak menyakitkan.

Pemeriksaan pap smear dapat dilakukan di tempat praktek dokter/bidan, puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.

Klien akan diminta tidur di meja ginekologi (tempat tidur khusus pemeriksaan ginekologi) dengan posisi litotomi (kedua paha ditekuk dan kaki terbuka). Pemeriksa akan memasukkan spekulum berbentuk mirip cocor bebek, terbuat dari  metal atau plastik. Spekulum ini berfungsi membuka vagina sehingga dinding vagina teregang dan serviks (mulut rahim) dapat terlihat jelas.

Sampel lendir dari mulut rahim akan diambil menggunakan spatula kayu (serupa sendok es krim) atau sikat kecil.

Kemudian, hapusan lendir tersebut akan dipulas di atas kaca slide dan difiksasi (disemprot/dicelup dalam larutan alkohol). Sampel  akan dibawa ke laboratorium dan diperiksa di bawah mikroskop. Bila dokter menggunakan pap smear metode terbaru, Liquid Based, sampel akan dimasukkan ke dalam cairan dan dibawa ke laboratorium.

Pemeriksaan bimanual (kedua tangan) akan dilakukan setelah pemeriksaan pap smear. Pemeriksa akan memasukkan 1 jarinya ke dalam vagina dan tangan yang lain akan menekan perut klien.

Peasaan tidak nyaman dapat terjadi selama pemeriksaan. Sebagian besar wanita tidak merasakan sakit atau cemas. Menarik nafas panjang dan merilekskan kaki dan perut dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman selama pemeriksaan.

About author

No comments

Gejala Klinis

Salah satu cara untuk mencegah akibat dari tumor atau kanker payudara maka kita perlu mendeteksi apakah tubuh kita menunjukkan keluhan dan tanda-tanda dari tumor atau ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann