Perubahan Pada Keluarga

0

Diagnosa kanker dapat membawa perubahan bagi keluarga penderita. Mungkin hal-hal yang sebelumnya sudah direncanakan menjadi tidak penting lagi. Prioritas dalam keluarga mengalami perubahan. Perasaan yang tidak menentu mungkin muncul selama perjuangan keluarga terhadap kanker. Seringkali keluarga harus membenahi perasaan mereka sebelum memulai melawan kanker bersama-sama sebagai satu-kesatuan keluarga.

Kanker juga dapat merubah peranan dalam keluarga. Kepala keluarga mungkin sekarang menjadi lebih tergantung kepada anggota keluarga lainnya. Yang lain mungkin harus merubah tempat dan waktu kerjanya. Perubahan peran dalam keluarga ini akan menyebabkan interaksi dalam keluarga berubah pula. Anggota keluarga akan memiliki tanggung jawab yang baru.

Orang tua mungkin akan mencari anak-anaknya untuk mendapatkan dukungan. Jika anak-anaknya sudah cukup dewasa, mereka dapat diberi tanggung jawab mengurus keperluan rumah tangga. Masalah sering timbul jika anak-anak itu sendiri juga masih butuh dukungan.

Berperan sebagai teman atau keluarga penderita kanker, Anda juga mempunyai kebutuhan Anda sendiri. Memenuhi kepentingan Anda sendiri memungkinkan Anda membagi perhatian bagi orang lain. Ketahuilah batas kemampuan Anda dan beristirahatlah jika diperlukan. Aturan ini berlaku bagi Anda dan penderita.

Seringkali keluarga menemukan kesulitan dalam membantu penderita kanker. Beberapa orang tidak ingin dibantu untuk mandi dan mengenakan pakaian. Hormatilah keinginan mereka. Namun meskipun penderita tidak ingin dibantu, lihatlah kemampuan mereka dan apakah mereka butuh bantuan. Mungkin Anda dapat memperkerjakan perawat atau tenaga lainnya untuk membantu penderita. 

About author

No comments

Pengenalan Kanker Umum

Pengenalan Kanker Umum dibagi menjadi :  Overview Tumor/Kanker Patologi-Anatomi Tumor/Kanker Faal Tumor/Kanker Bionuklir Tumor/Kanker
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann