Perjalanan Penyakit

0

Sebagian besar kanker serviks bermula dari daerah pertemuan (transformation zone) antara epitel kolumnar endoserviks yang melapisi serviks bagian dalam dan epitel skuamous ektoserviks yang melapisi serviks bagian luar. Pertemuan ini merupakan suatu tempat dimana terjadi perubahan metaplastik yang berkelanjutan. Perubahan ini dimulai saat pubertas dan selama kehamilan pertama, selanjutnya aktivitasnya menurun setelah menopause. Risiko terbesar terkena kanker serviks adalah saat puncak aktivitas metaplastik berlangsung.

Munculnya metaplasia skuamous atipikal yang diinduksi oleh virus pada daerah ini dapat berkembang menjadi lesi skuamous intraepithelial (squamous intraepithelial lesion) dengan derajat yang lebih tinggi.

            Usia rata-rata wanita ketika didiagnosa CIN adalah sekitar 15 tahun lebih muda dari ketika wanita tersebut didiagnosa dengan kanker invasif. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan CIN menjadi kanker invasif memakan waktu yang lama.       

            Ketika tumor telah menembus membrane basal, tumor tersebut melakukan penetrasi langsung kedalam stroma serviks atau melalui jalur vascular. Tumor invasif dapat muncul sebagai pertumbuhan eksofitik yang menjulur dari serviks kedalam vagina atau sebagai lesi endoservikal yang mengakibatkan ekspansi masif  di dalam serviks, meskipun portio serviks tampak normal. Dari serviks, tumor dapat meluas ke superior ke arah segmen bawah uterus, meluas ke inferior menuju vagina atau meluas kedalam ruang paraservikal, di sekitar ligament. Tumor dapat melekat pada dinding pelvis melalui penyebaran langsung atau melalui pembesaran kelenjar getah bening regional. Tumor juga dapat meluas ke anterior hingga melibatkan kandung kemih atau meluas ke posterior ke arah rectum.

About author

No comments

Tetap Aktif Menjalani Terapi

Tetap aktif saat menjalani terapi : Bekerja dan menjalani terapi Sexualitas Berolahraga dan tetap aktif Imbas/efek pada fisik yang lain akibat terapi
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann