Penyebab Tumor/Kanker Payudara

0

Hingga saat ini belum diketahui penyebab tunggal untuk terjadinya kanker payudara. Begitu banyak penyebab yang diduga sebagi pemicu terjadinya kanker. Namun dari berbagai penelitian, dapat diketahui bahwa karsinogen atau penyebab kanker dapat digolongkan ke dalam 4 golongan yaitu bahan kimia, virus, radiasi, dan agen biologi.

Karsinogen bahan kimia melalui metabolisme membentuk gugus elektrofilik yang kurang muatan elektron, sebagai hasil antara, yang kemudian dapat berikatan dengan pusat-pusat nukleofilik pada protein, RNA dan DNA.

Beberapa penelitian menunjukkan kemungkinan kanker payudara terjadi karena beberapa perubahan yang terjadi pada komponen sel (DNA) yang  bisa menyebabkan perubahan sel menjadi sel kanker. DNA adalah suatu bahan kimia di dalam sel manusia yang menyusun gen dan memberi instruksi bagaimana suatu sel harus bekerja. Beberapa perubahan DNA yang tidak normal dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan juga bertanggungjawab terhadap faktor resiko kanker payudara oleh karena pengaruh keturunan.

Meskipun penyebab pasti kanker payudara belum diketahui dengan pasti, ada beberapa faktor resiko dari kanker payudara yang dapat dibedakan menjadi :

  1. Faktor resiko yang tidak dapat diubah
  2. Faktor resiko yang dapat diubah

About author

No comments

Semakin Putih Kulit

Kita mengenal pendapat bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu dengan matahari meningkatkan resiko kanker kulit, namun ternyata sinar matahari juga telah menurunkan resiko dari kanker-kanker ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann