Pengobatan Kanker Payudara

0

Saat ini ada banyak sekali pilihan pengobatan untuk kanker. Untuk memilih pengobatan mana yang paling tepat, lebih baik bila didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Penderita dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui oleh penderita dalam menerima pengobatan. Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut, penderita juga perlu untuk mengutarakan apapun yang dirasakan, karena hal tersebut akan mempengaruhi keputusan dokter, terlebih yang menyangkut masalah kesehatan yang selama ini rutin dialami, kelainan, kebiasaan tertentu, dan sebagainya.

Pada dasarnya, pengobatan kanker payudara tergantung dari :
• Ukuran dan letak tumor, 
• Penyebaran kanker itu sendiri. 
• Kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, dokter akan bekerjasama dengan pasien untuk menentukan rencana pengobatan. Meskipun pengobatan tiap pasien akan di sesuaikan oleh dokter. Tapi berikut adalah langkah-langkah umum yang dilakukan dalam pengobatan kanker payudara :

  1. Tujuan utama pengobatan kanker stadium awal adalah mengangkat tumor dan membersihkan jaringan disekitar tumor. Jadi dokter akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat tumor. Umumnya kemudian akan dilakukan terapi radiasi pada jaringan payudara yang masih ada. Untuk keadaan tertentu (misalnya, pasien dengan problem medis yang serius) radiasi bisa jadi ditunda.
  2. Tahapan berikut dalam menangani kanker stadium awal adalah mengurangi resiko kanker akan kambuh dan membuang sel kanker yang masih ada. Bila tumornya lebar atau saluran kelenjar getah bening telah terserang kanker juga, dokter akan merekomendasikan terapi tambahan (adjuvant therapy), antara lain : Terapi Radiasi, Kemotherapi, dan/atau Terapi Hormon. Sedang untuk kanker yang kambuh lagi, diperlakukan dengan bermacam-macam cara. Pada saat merencanakan pengobatan, dokter akan mempertimbangkan beberapa faktor : 
    • Stadium dan grade kanker,
    • Status tumor hormone receptor (ER, PR) dan status HER2/neu, 
    • Umur pasien dan kesehatannya secara umum, 
    • Pasien sudah menopause atau belum, 
    • Adanya mutasi dari gen kanker payudara. Kondisi biologi kanker payudara memberi efek pada tingkah laku kankernya dan pengobatannya. Beberapa tumor ukurannya kecil tapi tumbuhnya cepat atau ukurannya besar tapi tumbuhnya lambat.

Cara – cara untuk mengobati Kanker Payudara : 

Tips: Jangan pernah malu untuk bercerita yang sebenarnya tentang keadaan yang sedang dialami atau dirasakan terhadap dokter yang akan merawat, karena hal-hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keputusan tentang pengobatan yang akan dijalani oleh penderita. 

About author

No comments

Cebok

DEFINISI CEBOK Cebok adalah tindakan membersihkan (membasuh) dubur atau kemaluan setelah buang air. Cebok penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Cebok yang bertujuan membersihkan dubur dapat dilakukan dengan menggunakan kertas (dan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann