PENGOBATAN KANKER (Overview)

0

Pada masa ini berbagai macam pengobatan untuk kanker telah berkembang dan dapat dipilih berdasarkan jenis, tempat, dan stadium kanker tersebut. Adanya perkembangan pengobatan kanker tersebut mampu meningkatkan umur harapan hidup penderita kanker, meningkatkan kualitas hidup dan juga mempersempit kemungkinan timbulnya efek samping pengobatan.

  

Ada baiknya, jika anda terlebih dahulu memahami jenis – jenis pengobatan yang ada, sebelum memutuskan pengobatan mana yang akan dipilih.

 

 

Pengobatan kanker sendiri merupakan pengobatan multidisiplin (ditangani oleh berbagai macam dokter spesialis), di antaranya ahli onkologi, ahli bedah, ahli radiologi terapi, ahli penyakit dalam (termasuk hematologist), ahli rehabilitasi medik, psikiater, fisioterapis, ahli gizi, dan paramedis lainnya.

 

Pengobatan kanker tersebut bertujuan untuk menyerang sel – sel kanker dan juga menghambat atau bahkan menghentikan penyebaran kanker.

 

Metode pengobatan kanker disesuaikan dengan banyak hal seperti jenis, lokasi dan stadium kanker, kondisi kesehatan dan fasilitas yang ada. Metode yang paling sering dan umum digunakan adalah operasi, radioterapi dan kemoterapi.

 

Metode pengobatan kanker meliputi :

  1. Operasi / pembedahan
  2. Non Operasi, berupa : radioterapi, kemoterapi, radio – kemoterapi, imunoterapi, terapi hormon, paliatif, terapi eksperimental (terapi anti sense, terapi genetik,  terapi target (targeted treatment), terapi anti angiogenesis, terapi hipertermia, terapi fotodinamik), alternatif (akupuntur, terapi herbal, terapi pijat, vitamin dan spesial diet, visualisasi, meditasi, pengobatan spiritual)

Beberapa kanker mungkin hanya memerlukan pengobatan tunggal, lainnya mungkin pengobatan kombinasi atau komplemen.

 

Terapi yang ada mungkin bekerja secara lokal atau sistemik :

  • Terapi lokal : penghancuran atau pengangkatan tumor terbatas pada satu area tubuh. Misalnya, metode operasi atau radiasi untuk mengecilkan ukuran tumor.
  • Terapi sistemik : penghancuran sel – sel di seluruh tubuh melalui aliran darah. Misalnya, kemoterapi, terapi hormon.

 

 

Sebelum memulai pengobatan ada baiknya untuk berdiskusi dengan dokter mengenai pilihan terapi yang tepat, efek samping tiap pengobatan dan anda juga memerlukan second opinion setelah mendapat keterangan dari dokter anda (banyak kasus tidak mengubah keefektifan terapi saat pasien mencoba mencari pilihan pengobatan yang tepat)

 

 

Pengobatan kanker tersebut dapat dilakukan di dalam dan di luar rumah sakit (berobat jalan).

Dan setelah menjalani pengobatan kanker utama (main therapy) dan kanker dinyatakan telah sembuh, maka penatalaksanaan kanker berikutnya berupa tahap rehabilitasi.

 

Pengobatan kanker sering kali menimbulkan berbagai efek samping (mual, nyeri dan berat badan turun) dan untuk itu diperlukan dukungan dalam mengatasi efek samping pengobatan yang timbul serta kemauan yang kuat untuk dapat meneruskan pengobatan kanker tersebut sampai tuntas.

Tips kumpulan pertanyaan yang dapat anda ajukan pada dokter setelah didiagnosis kanker.

  1. Apakah arti diagnosis saya?
  2. Apakah kanker sudah menyebar? Jika ya, di mana saja? Apa stadium penyakit saya?
  3. Apakah tujuan dari pengobatan? Apa saja pilihan pengobatannya? Dan apa yang dokter rekomendasikan untuk saya? Mengapa?
  4. Apa keuntungan dari tiap pengobatan?
  5. Apa saja resiko dan kemungkinan efek samping yang timbul dari pengobatan tersebut? Dan bagaimana cara mengatasinya?
  6. Apakah ketidaksuburan merupakan efek samping dari pengobatan tersebut? Haruskah saya menyimpan sperma / sel telur?
  7. Apa yang harus saya lakukan sebagai persiapan pengobatan?
  8. Seberapa sering saya menerima pengobatan? Dan berapa lama pengobatan tersebut?
  9. Apakah saya harus mengubah aktifitas saya sehari – hari? Jika ya, berapa lama?
  10. Berapa biaya yang diperlukan? Apakah insuransi membiayainya?
  11. Apa saja pengobatan terbaru, walaupun masih dalam eksperimental? Apakah hal tersebut sesuai dengan saya?

About author

No comments

Terapi

Penentuan terapi yang digunakan untuk memberantas kanker serviks bergantung pada stadium kanker yang ditemukan. Dokter Andalah yang akan menentukan terapi apa saja yang dibutuhkan. Ada ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann