Pengenalan Tumor dan Kanker Payudara

0

Payudara bagi seorang wanita merupakan lambang kewanitaannya sehingga payudara sebagai kelenjar subkutis (dibawah kulit) sangat penting bagi wanita. Tidak hanya mempunyai fungsi kosmetik, payudara juga mempunyai fungsi lain antara lain memproduksi air susu. Air susu ini kemudian nantinya akan disalurkan menuju ke puting susu. Keberadaannya yang penting bagi wanita membuat seorang wanita akan merasa cemas apabila terjadi kelainan pada payudaranya. Kelainan yang paling sering ditakuti adalah apabila terdapat tumor pada payudara, lebih spesifik lagi adalah bila itu tumor itu adalah suatu keganasan atau kanker.

 

Kanker payudara merupakan kanker dengan insidens tertinggi nomor dua di dunia setelah kanker paru (10.4% dari seluruh kejadian kanker) dan urutan kelima penyebab kematian akibat kanker. Pada tahun 2005, kanker payudara menyebabkan 502.000 kematian di seluruh dunia (7% angka kematian karena kanker). Di Indonesia sendiri kanker payudara juga menempati urutan kedua pada wanita setelah kanker serviks (mulut rahim). Diperkirakan di Indonesia mempunyai insidens minimal 20.000 kasus baru pertahun, dengan kenyataan bahwa lebih dari 50% kasus masih berada dalam stadium lanjut.

 

Pengenalan tumor dan kanker payudara meliputi :

About author

No comments

Patologi Anatomi Tumor / Kanker

Patologi anatomi merupakan ilmu kedokteran di mana bidang ini sangat membantu dalam membuat diagnosis (termasuk stadium) dan penentuan pengobatan yang tepat bagi kanker. Dalam bidang ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann