Pencegahan

0

Kanker serviks sebagai penyebab kematian pertama wanita di Indonesia karena kanker patut kita waspadai. Oleh karena itu diperlukan tindakan pencegahan yang harus dilakukan dan diketahui setiap perempuan. Saat ini telah ditemukan cara pencegahan kanker serviks sebagai berikut:

  1. Vaksin HPV (Human Papilloma Virus)

HPV telah ditemukan pada 90% penderita kanker serviks, sehingga dapat disimpulkan bahwa kanker serviks dapat dipicu oleh infeksi HPV. Saat ini telah ditemukan vaksin HPV yang dapat diberikan sejak usia 9 tahun atau sebaiknya saat seorang belum terpapar infeksi HPV atau belum berhubungan seksual aktif. Wanita yang sudah pernah melakukan kontak seksual masih dapat menerima vaksinasi HPV dengan syarat telah melakukan papsmear dan berkonsultasi dengan dokter. Pemberiannya 3 kali, pada bulan ke 0, 1 dan 6.

  1. Pap smear

Pemeriksaan pap smear minimal 1 tahun sekali atau sesuai petunjuk dokter harus dilakukan oleh perempuan yang telah berhubungan seksual secara aktif sebagai skrining atau deteksi dini terhadap kanker serviks. Semakin cepat kelainan sel diketahui, semakin bagus tingkat kesembuhannya.

About author

No comments

Tumor Marker

Petanda tumor (tumor marker) adalah substansi biologi yang diproduksi oleh sel-sel tumor,masuk dalam aliran darah,dan dapat dideteksi jumlah/nilainya dengan pemerikaan. Petanda-petanda tumor, idealnya mempunyai potensi ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann