Patologi Anatomi

0

Patologi anatomi merupakan salah satu bidang kedokteran yang berhubungan dengan diagnosis penyakit yang berdasarkan pada gambaran kasat mata, gambaran mikroskop, reaksi kimiawi dan imunologis, serta pemeriksaan molecular dari organ, jaringan, dan otopsi. Patologi Anatomi adalah ilmu tentang penyakit yang mempelajari perubahan sel, jaringan dan organ tubuh. Semua jaringan, organ & cairan yang diperoleh dari tindakan medis akan diperiksa oleh ahli Patologi Anatomi

Patologi anatomi sendiri dibagi dalam cabang-cabang subspesialisasi. Subspesialisasi yang paling banyak dibutuhkan adalah bidang surgical pathology, sitopatologi, dan forensic pathology. Bidang surgical pathology menangani pemeriksaan patologi dari jaringan hasil operasi. Bidang sitopatologi menangani pemeriksaan patologi dari biopsy sel-sel. Bidang forensic pathology menangani pemeriksaan patologi dari otopsi jenasah.

Bidang patologi anatomi yang berperan dalam mendiagnosis kanker serviks adalah sitopatologi dan surgical pathology. Bidang sitopatologi berperan dalam membaca hasil Pap Smear. Bidang surgical pathology menangani diagnosis jaringan hasil operasi pengangkatan rahim (histerektomi).

About author

No comments

WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann