Paska Operasi

0

Setelah operasi, pasien dapat merasa sedikit mual, oleh karena efek samping anestesi umum; juga nyeri dan perasaan tidak nyaman di daerah perut. Keduanya dapat dihilangkan dengan obat. Selain itu terdapat cairan / perdarahan dari vagina yang akan berkurang setelah beberapa hari.

Pasien dianjurkan untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan pada hari 1 setelah operasi. Latihan ini penting untuk menghindari konstipasi (sembelit) dan gas; mengurangi resiko penggumpalan darah dan infeksi paru.

Secara umum, waktu rawat inap untuk abdominal histerektomi tanpa komplikasi adalah 3-5 hari dan 2-3 hari untuk vaginal / laparoskopik histerektomi. Waktu pemulihan pasca histerektomi tergantung dari tipe histerektomi dan individu itu sendiri. Wanita yang menjalani abdominal histerektomi secara umum akan membutuhkan 6-8 minggu sebelum mereka dapat beraktivitas seperti biasa. Sedangkan bagi wanita dengan vaginal / laparoskopik histerektomi dapat pulih dalam waktu yang lebih singkat.

Waktu rawat inap untuk radikal trakelektomi adalah 2-3 hari. Kebanyaka wanita pulih sangat cepat dan jarang terjadi komplikasi.

Pasien seharusnya menghindari mengangkat barang berat, jongkok, tekanan pada luka operasi, olahraga aktif maupun penetrasi seksual selama pemulihan.

Check-up biasanya dilakukan 6 minggu setelah operasi, untuk meyakinkan bahwa segala sesuatunya sembuh dengan baik. Pasien dapat mendiskusikan apa yang dikhwatirkan dan bertanya aktivitas apa yang boleh dilakukan mulai saat itu dengan dokter yang merawat.

About author

No comments

Replacement

Tindakan pengobatan kanker, terutama operasi seringkali harus mengangakat organ tubuh yang dianggap sudah tidak berfungsi lagi dan bahkan dapat menjadi media penyebaran kanker. Adanya pengangkatan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann