Pasca Operasi

0

Setelah menjalani operasi, umumnya pasien harus menjalani masa pemulihan / penyembuhan. Untuk operasi sederhana (orang yang mendapat anestesi lokal), masa pemulihan ini dapat dilakukan dirumah, dengan catatan harus kontrol / kembali kepada dokter yang mengoperasinya untuk mengevaluasi hasil operasi dan memeriksa apakah ada efek samping operasi, misalnya infeksi.

 

Sementara operasi besar yang umumnya mendapakan anestesi regional atau total harus dirawat dalam ruangan penyembuhan sampai pengaruh anestesi habis dan pasien dianggap laik untuk kembali ke ruang rawat inap.

 

Orang di bawah pengaruh sisa anestesi, akan merasakan perasaan berat, sedang bermimpi dan tidak sadar sepenuhnya sampai keesokan harinya. Hal ini bergantung kondisi pra operasi dan luas operasi.

 

Adapun keadaan pasca operasi yang dapat anda rasakan setelah operasi :

–      rasa berat akibat pengaruh anestesi

–      timbulnya rasa nyeri

–      tenggorok anda akan terasa sedikit nyeri oleh karena pemasangan pipa endotrakeal (pipa pernapasan saat operasi)

 

Rehabilitasi pada pasca operasi dapat berupa :

  1. pemberian obat pereda nyeri selama di rumah sakit dan pada saat rawat jalan.
  2. anda juga akan dipasangi kateter urin untuk mengalirkan air kencing anda ke suatu tas khusus, umumnya selesai operasi kateter ini dilepas. Namun, bila ginjal bermasalah tetap dipasang. Dan para dokter atau paramedia juga akan memeriksa jumlah urin anda.
  3. pada tubuh yang dioperasi juga akan dipasang ?drain? untuk mengeluarkan cairan yang terkumpul akibat operasi.
  4. anda sebaiknya makan dan minum walaupun ada perasaan tidak nafsu makan / minum, sebab hal ini mempercepat masa penyembuhan. Sebaiknya dilakukan setelah dokter menyatakan bahwa anda dapat minum dan makan (baiknya untuk minum terlebih dahulu).

Para tim perawatan anda mungkin berupaya agar anda beraktivitas setelah operasi. Hal ini ditujukan untuk mempercepat masa penyembuhan, memperlancar aliran darah sehingga mencegah terjadinya efek samping berbaring terlalu lama seperti pembekuan (clotting) pada kaki.

About author

No comments

Alkohol

Peneliti dari National Cancer Institute (NCI) Jasmine Lew mengatakan bahwa dari tiga penelitian yang telah dilakukannya kepada lebih dari 184.000 wanita disimpulkan bahwa perempuan dewasa ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann