Panduan Merawat Penderita Kanker di Rumah

0

Perkembangan pengobatan kanker dewasa ini memungkinkan masa rawat inap yang lebih singkat dan penderita dapat dirawat di rumah. Saat merawat penderita kanker di rumah mungkin akan menimbulkan banyak masalah karena tidak adanya kehadiran tenaga medis. Beberapa masalah di atas dapat disebabkan karena kanker itu sendiri dan efek samping dari pengobatan kanker. Sebelum Anda memutuskan untuk merawat penderita di rumah, Anda sebaiknya mengetahui kemungkinan apa saja yang akan terjadi saat penderita dirawat di rumah. Anda dapat bertanya kepada dokter atau perawat mengenai efek samping pengobatan dan bagaimana cara menyikapi jika terjadi masalah selama perawatan di rumah.

 

Saat masalah timbul, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah tidak panik. Ingatlah bahwa Anda harus membantu menenangkan penderita dan hal ini tidak akan efektif jika Anda sendiri perlu ditenangkan. Kanker dapat membawa perubahan pada penderita, baik perubahan fungsi tubuh maupun perubahan emosional. Anda harus memaklumi bahwa hal ini memang bisa terjadi pada penderita kanker.

 

Apabila penderita mengeluhkan suatu gejala kepada Anda, tanyakanlah apa yang dapat Anda lakukan untuknya agar ia merasa lebih nyaman. Anda dapat merubah posisi tidurnya, membantunya melakukan suatu kegiatan, atau sekedar menemani penderita mengobrol. Anda dapat menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan berada di tempat yang mudah dijangkau. Anda juga dapat membuat catatan-catatan kecil tentang hal-hal yang harus dilakukan jika terjadi masalah dan nomor-nomor penting yang bisa Anda hubungi untuk meminta bantuan. Jangan ragu untuk segera mencari pertolongan saat Anda tidak mampu mengatasi masalah yang ada.

 

Berikut ini adalah berapa masalah yang mungkin akan dijumpai saat merawat penderita kanker di rumah.

 

Gangguan Kesadaran

Kenalilah apabila penderita menunjukkan tanda-tanda penurunan kesadaran. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk membedakan apakah penderita benar-benar mengalami gangguan kesadaran atau hanya tidur biasa. Beberapa penderita kanker sering merasa kelelahan dan mengantuk sehingga mereka menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Anda dapat mencari pertolongan jika gangguan kesadaran terus berlanjut.

 

Sesak

Saat Anda menjumpai penderita kesulitan untuk bernafas, mungkin Anda dapat melakukan beberapa hal sementara menunggu bantuan tiba. Carilah posisi yang paling nyaman bagi penderita dan memudahkannya mengambil nafas. Anda dapat memberikan bantal tambahan di bawah kepala dan dada. Atau jika memungkinkan, Anda dapat menyediakan tabung oksigen di rumah. 

 

Nyeri dan Demam

Untuk pertolongan pertama, mungkin Anda dapat memberikan obat-obatan anti nyeri atau penurun panas. Tanyakanlah kepada dokter seberapa banyak Anda dapat memberikan obat tersebut.

 

Diare atau Sulit Buang Air Besar

Hal ini mungkin dapat terjadi karena efek samping dari pengobatan kanker, gangguan saluran cerna akibat perkembangan kanker atau mungkin hanya karena kesalahanpola makan. Saat penderita diare, berikanlah cairan pengganti seperlunya. Waspadalah jika mungkin ditemukan darah dalam tinja, Anda dapat menghubungi dokter. Untuk kesulitan buang air besar, cobalah untuk memperbaiki pola makan terlebih dahulu sebelum Anda memberikan obat-obatan pencahar.

 

Kesulitan Makan dan Minum

Merupakan hal yang wajar jika seseorang yang sedang sakit akan mengalami perubahan nafsu makan. Tanyakanlah kepada penderita makanan apa yang mereka inginkan untuk makan. Pada beberapa orang, kesulitan makan dan minum dapat terjadi karena kesulitan menelan. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih makanan dalam bentuk cair, misalnya dengan makanan yang diblender. Saat minum, Anda dapat membantunya dengan sedotan untuk mencegah kemungkinan penderita tersedak.

 

Kemoterapi dan Efek Sampingnya

 Ada kalanya kemoterapi dapat dilakukan di rumah. Anda dapat belajar bagaimana memasukkan obat-obatan kemoterapi dan melakukannya sendiri. Namun jika Anda ragu-ragu, Anda dapat mendatangkan petugas medis ke rumah untuk membantu. Mengenai kemoterapi, ada beberapa efek samping yang sering terjadi. Contonya adalah mual dan muntah, perubahan warna kulit, atau kerontokan rambut. Tanyakanlah kepada dokter sebelumnya agar Anda dan penderita tidak kaget ketika mengalaminya.

 

Kelelahan dan Kelemahan Fisik

Sebaiknya penderita kanker tetap dilibatkan dalam berbagai kegiatan, seperti misalnya berolah raga. Namun Anda sebaiknya menanyakan kepada penderita sejauh mana mereka ingin dilibatkan sehubungan dengan ketahanan fisiknya. Beberapa penderita kanker mengalami kelemahan fisik yang berat yang membuatnya tidak dapat melakukan kegiatan apa pun. Berikanlah bantuan sesuai kebutuhan penderita.

 

Depresi, Cemas, dan Ketakutan

Depresi, cemas, dan ketakutan merupakan hal yang wajar dialami penderita kanker. Dengan kehadiran Anda dan menjadi pendengar yang baik, Anda mungkin dapat menguranginya. Usahakanlah bahwa Anda tidak mengalami hal yang sama agar Anda dapat memberikan dukungan bagi penderita dengan baik. Anda dapat berkonsultasi dengan orang lain jika Anda memerlukan bantuan dalam hal ini.

About author

No comments

Menghadapi Kanker

Cara Menghadapi Kanker :   Apabila Anda di diagnosa kanker Ketika Anda di diagnosa kanker, janganlah sia-saiakan waktu Anda untuk mengasihani diri, menyalahkan orang lain ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann