Paliatif

0

Perawatan paliatif adalah perawatan kesehatan terpadu yang bersifat aktif dan menyeluruh, dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi. Tujuannya untuk mengurangi penderitaan pasien, memperpanjang umurnya, meningkatkan kualitas hidupnya, juga memberikan support kepada keluarganya. Meski pada akhirnya pasien meninggal, yang terpenting sebelum meninggal dia sudah siap secara psikologis dan spiritual, serta tidak stres menghadapi penyakit yang dideritanya. Tujuan utama perawatan paliatif bukan untuk menyembuhkan penyakit. Dan yang ditangani bukan hanya penderita, tetapi juga keluarganya.

Prinsip-prinsip perawatan paliatif adalah sebagai berikut:
1. Menghargai setiap kehidupan. 
2. Menganggap kematian sebagai proses yang normal. 
3. Tidak mempercepat atau menunda kematian. 
4. Menghargai keinginan pasien dalam mengambil keputusan. 
5. Menghilangkan nyeri dan keluhan lain yang menganggu. 
6. Mengintegrasikan aspek psikologis, sosial, dan spiritual dalam perawatan pasien dan keluarga. 
7. Menghindari tindakan medis yang sia-sia. 
8. Memberikan dukungan yang diperlukan agar pasien tetap aktif sesuai dengan kondisinya sampai akhir hayat. 
9. Memberikan dukungan kepada keluarga dalam masa duka cita.

Pelayanan yang diberikan meliputi rawat jalan, rawat inap (konsultatif), rawat rumah, day care, dan respite care.
Rawat rumah (home care) dilakukan dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah penderita, terutama yang karena alasan-alasan tertentu tidak dapat datang ke rumah sakit. Kunjungan dilakukan oleh tim yang terdiri atas dokter paliatif, psikiater, perawat, dan relawan, untuk memantau dan memberikan solusi atas masalah-masalah yang dialami penderita kanker dan keluarganya, bukan hanya menyangkut masalah medis/biologis, tetapi juga masalah psikis, sosial, dan spiritual.

Perawatan paliatif ini, berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan dari penderita, mengontrol rasa nyeri yang berlebihan, memberikan dukungan baik secara psikologis ataupun lainnya. 

Tips: penderita kanker payudara yang menerima perawatan paliatif perlu untuk mendapatkan dukungan tidak hanya dari tim medis, namun juga dari keluarga penderita sendiri

About author

No comments

Makanan dan Minuman

Menerapkan pola diet yang seimbang dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Diet yang banyak mengandung lemak dan kurang sayur-sayuran akan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann