Paliatif (Overview)

0

Pelayanan paliatif merupakan terapi yang ditujukan untuk membantu orang dengan berbagai stadium kanker untuk dapat hidup dengan baik.

 

Pelayanan paliatif dimulai saat proses kanker dimulai dan dapat berubah sesuai dengan prioritas dan kebutuhan seseorang.

Pelayanan paliatif bukan berarti menyerah pada pengobatan. Namun, bisa saja seseorang mendapat terapi anti kanker (pengobatan) dan pelayanan paliatif secara bersamaan.

 

Tujuan Pelayanan Paliatif

Terdapat lima tujuan pelayanan paliatif yakni :

1.untuk mengobati rasa nyeri dan gejala fisik lain yang disebabkan oleh kanker atau pun pengobatannya

2.untuk menjawab kebutuhan spiritual pasien

3.untuk menjawab kebutuhan sosial pasien, termasuk kebutuhan keuangan

4.untuk mengobati kebutuhan psikososial pasien, seperti perubahan mood dan adanya depresi.

5.untuk menyediakan dukungan bagi keluarga pasien, teman dan pemerhati yang ada bersama ? sama dengan pasien hingga akhir hidupnya.

 

Tim Pelayanan Paliatif

Ada berbagai tenaga kesehatan profesional yang berpartisipasi dalam memberikan pelayanan ini, yaitu :

–    dokter

berperan sebagai pemimpin tim pelayanan, membuat perencanaan pengobatan dan memutuskan obat dan dosis yang digunakan; juga berkonsultasi dengan dokter spesialis lain (radiologis, onkologis). Dokter juga bila dapat mengadakan kunjungan rumah pasien.

–    perawat

memberikan perawatan secara langsung bagi pasien, juga membantu mengatasi nyeri dan efek samping pengobatan serta dapat bertindak sebagai liason (pendamping pasien) bersama tim yang lain. Jika pasien ikut serta dalam program rawat jalan, maka perawat bertugas mengunjungi mereka di rumah beberapa kali dalam seminggu.

–    pekerja sosial

membantu masalah keuangan, mengatur pertemuan keluarga, dan lainnya.

–    pendeta atau penasehat spiritual

membantu pasien dan keluarganya dalam hal spiritual atau agama.

–    ahli gizi

membantu dalam bidang diet.

–    fisioterapis

membantu mempertahankan aktivitas tubuh dan membantu saat kecacatan muntul atau membantu mengatasi pasien agar dapat hidup mandiri di rumah.

–   grief and bereavement coordinator

membantu merencanakan tata cara penguburan dan juga konseling bagi pasien dan keluarga.

 

Dalam pelayanan paliatif diperlukan komunikasi. Komunikasi ini merupakan elemen terpenting dalam pelayanan di mana komunikasi membantu mengklarifikasi kebutuhan dan harapan.

Berikut adalah tips untuk dapat berkomunikasi dengan para tim pelayanan paliatif :

–   temuilah dokter yang bersedia untuk menjawab segala pertanyaan anda dan mendengar segala keluhan dan apa yang anda pikirkan

–   bertanyalah mengenai diagnosis dan pengobatan. Dengarkan dengan baik jawaban dan pertanyaan dokter yang akan menjelaskan hal ? hal yang anda tak pahami

–   beritahu dokter dan perawat mengenai rasa nyeri, tidak nyaman, atau efek samping lain seperti sariawan, mual, muntah, dan konstipasi.

 

 

Penting untuk pasien dan tenaga kesehatan untuk memahami diagnosis dan prognosis (kesempatan untuk sembuh) serta berpatisipasilah dalam membuat keputusan medis.

About author

No comments

Pengenalan Tumor/Kanker Serviks

Pengenalan Tumor/Kanker Serviks Definisi Penyebab Faktor Resiko Gejala Klinis Diagnosis Stadium Perjalanan Penyakit Terapi Komplikasi Prognosis Pencegahan Lainnya
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann