Menghadapi Kanker Stadium Lanjut

0

Penyakit kanker masih menjadi nomor satu penyakit yang paling ditakuti. Semisal kanker leher rahim atau serviks. Kanker jenis ini paling banyak diderita oleh kaum wanita di Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya.

Bahkan, di negara-negera maju kanker yang sangat ditakuti kaum hawa ini mendudukiposisi nomor lima dari penyakit lain yang diderita wanita. Di RSHS, setiap tahunnya ditemukan 400 pasien kanker serviks, dan 2/3 di antaranya sudah berada dalam stadium lanjut atau IIB s/d IV.

Sekalipun banyak penderita kanker yang merasakan syok pada saat pertama kali mendengar tentang penyakit kanker ini, bahkan ada yang mengalami depresi. Namun, ada penderita yang tetap optimis dalam menghadapi hidupnya. Mereka sampai saat kini terus berjuang untuk hidup. Menghadapi kanker stadium lanjut, memang bukan hal yang mudah, baik bagi penderita maupun bagi keluarga atau teman-teman. Dan, perjuangan melawan kanker memang tak harus dijalani sendirian oleh si penderita, tapi juga memerlukan dukungan keluarga, teman, serta bimbingan dokter. Dari sinilah biasanya keajaiban datang, tentunya juga disertai doa dan semangat hidup yang tinggi.

Selain itu, bagi penderita kanker stadium lanjut ada baiknya juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Dukungan dari keluarga dan teman tetaplah penting dan diperlukan. Tetapi kekuatan untuk bertahan tidak hanya dari dukungan dari orang-orang disekeliling penderita, diperlukan kedekatan dan kekuatan dari Tuhan sehingga penderita dapat terus optimis dan berjuang untuk hidupnya. 

Tips: Jangan pernah putus asa dengan keadaan hidup yang sedang terjadi, karena keajaiban itu masih bisa terjadi.

About author

No comments

Setelah Pemeriksaan Pap Smear

Hasil pemeriksaan  dapat dikirim atau diambil kemudian. Apabila ada hasil yang menunjukkan kelainan, klien akan dihubungi. Hasil pemeriksaan negative atau normal smear berarti serviks terlihat sehat. ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann