Menghadapi Kanker

0

Cara Menghadapi Kanker :

 

  • Apabila Anda di diagnosa kanker

Ketika Anda di diagnosa kanker, janganlah sia-saiakan waktu Anda untuk mengasihani diri, menyalahkan orang lain dan hal-hal lain, karena waktu adalah hal yang paling penting dalam pengobatan kanker. Semakin cepat semakin baik. Anda harus mulai

  1. merawat diri sendiri. Stop merusak diri dengan makan sembarangan, bisa jadi nafsu makan tak terkontrol karena stress berlebihan, namun menjaga asupan nutrisi untuk tubuh sangat penting untuk daya tahan Anda terhadap penyakit ini.
  2. Menyesuaikan dengan perubahan pada tubuh dan self-image. Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan secara fisik, bisa jadi anda akan menemukan kondisi Anda semakin cepat lelah, muncul benjolan yang bentuknya tidak sedap dipandang, dan sebagainya. 
  3. Sexualitas dan kanker
  • Membuat keputusan

Ketika Anda terdiagnosa Kanker, dokter akan memberikan berbagai macam pilihan pengobatan. Boleh saja Anda meminta waktu untuk berpikir, mungkin untuk meminta rekomendasi dari sahabat atau mencari informasi kepada pihak lain bahkan internet. Namun Anda harus ingat, bahwa Anda memang HARUS membuat keputusan dan secepatnya. 

Jika Anda meminta waktu untuk berpikir, bukan berarti kanker itu akan memberi waktu, jadi sebelum memutuskan untuk menunda pengobatan, pastikan berapa waktu yang anda miliki.

  • Ajukan pertanyaan yang tepat

Terkadang dalam keadaan stress dan shock, kita tidak bisa berpikir cepat dan tepat karena logika kita tertutupi emosi. Namun mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat kepada dokter sangat dibutuhkan. Anda harus mengetahui kondisi tubuh Anda yang sebenar-benarnya dan sedetail mungkin, agar Anda bisa mengenali penyakit yang Anda derita.

  • Tetap aktif saat menjalani terapi

Tetaplah bekerja saat menjalani terapi, mungkin akan ada saat Anda lemah setelah terapi namun usahakan Anda tetap menyibukkan diri, karena menyibukkan diri bisa mengurangi tingkat stress yang Anda alami. Aktivitas rutin harian Anda mungkin harus dikurangi tapi bukan berarti Anda harus menutup diri dari lingkungan. 

Bersosialisasi baik itu dengan sahabat, saudara dan kerabat tentu akan sangat membantu mensupport keadaan Anda.

  • Menghadapi Perubahan Fisik & Emosional

Ketika Anda menjalani terapi, Anda akan mengalami beberapa perubahan fisik dan emosional, contohnya mudah lelah, pusing, mual, rambut rontok, kulit kering dan kusam, kondisi stress naik turun, dll

  • Makanan dan minuman

Pola makan tentu harus diperbaiki, salah satu pnyebab kanker adalah kebiasaan makan dan minum yang buruk. Jauhi bahan-bahan pengawet dan berbahan kimia. Perbanyak makan sayur dan buah (jenis yang diperbolehkan dokter) agar nutrisi tubuh terjamin. 

  • Fitness

Menjaga ketahanan tubuh dengan olahraga ringan juga diperlukan, jika tubuh tidak fit, tentu efek samping terapi akan lebih terasa. 

  • Practical issues

Tentukan hal-hal praktis dalam hidup Anda seperti darimana akses pengobatan akan Anda dapatkan, bagaimana menjalani kehidupan sehari-sehari selama perawatan dan setelah perawatan, bagiamana dengan masalah pekerjaan Anda, lakukan pengaturan-pengaturan untuk hidup Anda agar sebisa mungkin tidak mengganggu rutinitas Anda.

 

  • Hubungan, sosialisasi dan komunikasi

Seseorang yang didiagnosa kanker sering dilanda kebimbangan mengenai siapakah yang dapat dan harus mereka beritahu dan bagaimanakah cara mereka memberitahu. Tidak pernah ada yang tahu waktu yang tepat karena masing-masing orang memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk mempersiapkan diri mereka agar cukup siap untuk menceritakan penyakitnya kepada orang lain.

  • Kehidupan setelah kanker

Seseorang dengan diagnosa kanker tidak berarti hidupnya langsung berhenti pada saat didiagnosa kanker. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang menderita kanker antara lain, kembali ke kehidupan sehari-hari anda, hubungan dengan dunia luar dan memupuk harapan-harapan baru

  • Lebih lanjut…

About author

No comments

Rehabilitasi (Overview)

Rehabilitasi merupakan salah satu proses pengobatan kanker. Rehabilitasi ini membantu anda yang terkena kanker agar dapat melakukan sesuatu dengan mandiri sebaik mungkin baik aktivitas fisik, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann