Menghadapi Akhir Kehidupan

0

Beberapa orang yang menderita kanker mungkin berada dalam stadium akhir dan mendapatkan dirinya tidak dapat lagi disembuhkan serta mereka mungkin harus menghadapi fakta kemungkinan mereka akan meninggal. Hal ini sangat menakutkan bagi orang yang sedang sakit dan orang lain di sekitarnya. Penderita kanker mungkin akan kesakitan, mungkin hanya bisa terbaring di tempat tidur, atau mungkin sedang dalam keadaan tidak sadar. Melihat orang yang Anda sayangi seperti itu mungkin akan berat bagi Anda. Namun seberat apa pun itu, cobalah untuk tetap mendampingi penderita. Penderita kanker mungkin merasa kesepian meskipun banyak orang di sekelilingnya., Anda dapat memberikan dukungan dengan berusaha tetap dekat dengannya dan selalu tersenyum.

 

Seringkali penderita kanker stadium lanjut akan menarik diri dan menghindari berhubungan dengan orang lain. Mereka membatasi diri agar orang lain tidak dapat memasuli wilayah emosionalnya. Hal ini adalah proses yang wajar. Jika hal ini terjadi, Anda dapat tetap berada di belakangnya dan siap bila dibutuhkan.

 

Banyak orang khawatir tentang apa yang akan mereka katakan tentang kematian. Hal ini sering terjadi, meskipun mungkin orang membicarakan kematian dengan cara yang berbeda. Beberapa orang ingin mengetahui bagaimana dirinya akan meninggal atau bertanya-tanya tentang proses kematian. Jika Anda tidak mengetahui jawabannya, Anda dapat mengatakannya bahwa memang Anda tidak tahu tetapi Anda akan mencari orang yang dapat membantu menjawabnya. Anda dapat meminta bantuan dari ahli yang sering menangani kematian dan mereka mungkin akan memberikan jawaban yang Anda butuhkan.

 

Seseorang yang mengetahui bahwa hidupnya tak lama lagi akan membutuhkan orang lain untuk mendampinginya. Mungkin ia akan menceritakan hal-hal yang diinginkannya sebelum meninggal, menceritakan hal-hal membanggakan dan menyedihkan dalam hidupnya, atau mungkin ia ingin meminta maaf untuk kesalahannya. Ia mungkin ingin meminta Anda untuk melakukan sesuatu baginya di masa yang akan datang. Ia ingin seseorang yang mendengarkan dan memperhatikannya. Tidak ada kata-kata ajaib bagi orang yang akan meninggal, namun kehadiran Anda tak ternilai baginya.

About author

No comments

Memilih Jajanan Baik Untuk Anak

Walau sudah menyiapkan makanan dari rumah padatnya aktifitas di sekolah membuat anak memilih jajanannya sendiri. Lalu bagaimana agar anak Anda dapat mengenali jajanan yang baik ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann