Kimia Klinik

0

Pemeriksaan Kimia Klinik beguna untuk evaluasi fungsi organ ginjal dan hepar ( liver ). Hal ini penting karena ketika karsinoma cervix ditemukan seringkali telah ditemukan anak sebar ( metastasis jauh ) terutama ke organ ginjal dan hepar.

Kegagalan fungsi ginjal pada karsinoma cervix pada umumnya terjadi karena infiltrasi tumor ke saluran kencing ( ureter ) sebelum kemudian memasuki kandung kemih dan  menyebabkan sumbatan total, sehingga fungsi ginjal akan menurun. Fungsi ginjal yang diperiksa meliputi Ureum dan Creatinin. Test Creatinin Clearance diperlukan bila serum creatinin meningkat.

Hal yang sama dapat pula terjadi pada hepar manakala terjadi metastasis jauh ke liver. Hal ini mengakibatkan fungsi hepar terganggu. Sehingga pada pemeriksaan fungsi hepar biasanya akan dijumpai peningkatan bilirubin, SGOT, SGPT maupun Alkali Phospat.

About author

No comments

Kenapa Wanita Malas Bercinta?

Banyak pasangan yang sudah menikah lama dan mereka merasakan tidak lagi memiliki gairah lagi untuk bercinta. Hal ini sering dialami oleh wanita daripada pria. Apakah ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann