Kemoterapi

0

Merupakan terapi sistemik (mempengaruhi sel pada seluruh tubuh) dengan menggunakan obat untuk menghentikan pertumbuhan abnormal dan proses pembelahan dari sel kanker , atau untuk membunuhnya. Kemoterapi dapat digunakan pada penderita kanker serviks stage II, III, and IV, dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan radiasi (kemoradiasi) .

Cara pemberian kemoterapi:

  1. Ditelan
  2. Disuntikkan
  3. Diinfus

 

Obat kemoterapi yang paling sering digunakan sebagai terapi awal / bersama terapi radiasi pada stage IIA, IIB, IIIA, IIIB, and IVA adalah :

Sedangkan Obat kemoterapi yang paling sering digunakan untuk kanker serviks stage IVB / recurrent adalah :

Topotecan telah disetujui untuk digunakan bersama dengan cisplastin untuk kanker serviks stage lanjut, dapat digunakan ketika operasi / radiasi tidak dapat dilakukan atau tidak menampakkan hasil; kanker serviks yang timbul kembali / menyebar ke organ lain.

Kemoterapi dapat digunakan sebagai :

  1. Terapi utama pada kanker stadium lanjut
  2. Terapi adjuvant/tambahan – setelah pembedahan untuk meningkatkan hasil pembedahan dengan menghancurkan sel kanker yang mungkin tertinggal dan mengurangi resiko kekambuhan kanker.
  3. Terapi neoadjuvan – sebelum pembedahan untuk mengurangi ukuran tumor
  4. Untuk mengurangi gejala terkait kanker yang menyebabkan ketidaknyamanan dan memperbaiki kehidupan pasien (stadium lanjut / kanker yang kambuh)
  5. Memperpanjang masa hidup pasien (stadium lanjut / kanker yang kambuh)

About author

No comments

Radiasi dari Luar

Terapi radiasi dari luar / radiasi eksternal / teletherapy merupakan salah satu bentuk radioterapi yang paling sering digunakan  dengan mesin X_Ray yangdisebutlinear accelerator menembakkan radiasi dari ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann