Kemoterapi

0

Merupakan terapi sistemik (mempengaruhi sel pada seluruh tubuh) dengan menggunakan obat untuk menghentikan pertumbuhan abnormal dan proses pembelahan dari sel kanker , atau untuk membunuhnya. Kemoterapi dapat digunakan pada penderita kanker serviks stage II, III, and IV, dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan radiasi (kemoradiasi) .

Cara pemberian kemoterapi:

  1. Ditelan
  2. Disuntikkan
  3. Diinfus

 

Obat kemoterapi yang paling sering digunakan sebagai terapi awal / bersama terapi radiasi pada stage IIA, IIB, IIIA, IIIB, and IVA adalah :

Sedangkan Obat kemoterapi yang paling sering digunakan untuk kanker serviks stage IVB / recurrent adalah :

Topotecan telah disetujui untuk digunakan bersama dengan cisplastin untuk kanker serviks stage lanjut, dapat digunakan ketika operasi / radiasi tidak dapat dilakukan atau tidak menampakkan hasil; kanker serviks yang timbul kembali / menyebar ke organ lain.

Kemoterapi dapat digunakan sebagai :

  1. Terapi utama pada kanker stadium lanjut
  2. Terapi adjuvant/tambahan – setelah pembedahan untuk meningkatkan hasil pembedahan dengan menghancurkan sel kanker yang mungkin tertinggal dan mengurangi resiko kekambuhan kanker.
  3. Terapi neoadjuvan – sebelum pembedahan untuk mengurangi ukuran tumor
  4. Untuk mengurangi gejala terkait kanker yang menyebabkan ketidaknyamanan dan memperbaiki kehidupan pasien (stadium lanjut / kanker yang kambuh)
  5. Memperpanjang masa hidup pasien (stadium lanjut / kanker yang kambuh)

About author

No comments

Patologi Anatomi

Patologi anatomi merupakan salah satu bidang kedokteran yang berhubungan dengan diagnosis penyakit yang berdasarkan pada gambaran kasat mata, gambaran mikroskop, reaksi kimiawi dan imunologis, serta ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann