Kembali ke Kehidupan Sehari-hari Anda

0

Tidak setiap orang yang menderita kanker akan mengalami kesulitan untuk kembali pada aktivitas dan kehidupan sehari-hari setelah menjalani pengobatan kanker, namun pada kebanyakan orang proses ini sangat berat. Cobalah untuk tidak sendirian dan merasa kesepian apabila harus menjalani proses kembali ke kehidupan sehari-hari setelah pengobatan. 

Apa yang dirasakan dan apa yang harus dihadapi dalam kehidupan penderita kanker selanjutnya tergantung pada tipe kanker yang dideritanya. Selain itu, efek samping dari pengobatan yang berlangsung lama juga mempunyai andil yang besar. Sekitar 75% dari penderita kanker mempunyai masalah pada kesehatannya oleh karena pengobatan yang dijalaninya. Hampir separuhnya mengeluhkan nyeri yang berlangsung terus-menerus. Selain itu, hampir tiga perempatnya mengalami depresi setelah pengobatan. Kelelahan juga merupakan masalah yang besar pada kebanyakan orang setelah pengobatan. Seluruh keluhan ini bisa sangat mengganggu dan membuat seseorang mengalami kesulitan yang lebih besar lagi dalam menghadapi proses ini. 

Pada kasus yang lain, efek samping yang terlihat dapat menyebabkan kesulitan untuk kembali pada kehidupan pekerjaan, olahraga, dan hubungan sosial. Sebagai contoh, pembedahan yang dilakukan membutuhkan pemulihan dalam jangka waktu lama. Jaringan parut yang dihasilkan dapat mempengaruhi penampilan tubuh dan kemampuan bicara atau makan, mempengaruhi kehidupan seksual, pekerjaan dan bersosialisasi.Hal-hal tersebut dapat menyebabkan tekanan hidup. 

Sangatlah penting untuk menyediakan waktu untuk kehidupan pribadi setelah menjalani pengobatan. Hal ini sangatlah penting apabila ada perubahan penampilan, perasaan, atau bagaimana berkomunikasi dengan orang lain. Cobalah untuk tidak berpengaruh dengan apa yang dikatakan oleh orang lain dahulu, ambillah waktu untuk sendiri. 
Setelah itu semua, akan datang waktunya untuk berusaha lebih keras lagi mengembalikan kondisi diri. Cobalah keluar dan melakukan banyak hal seperti berbelanja, bertemu teman, atau kembali bekerja. Memulai hal-hal tersebut mungkin sulit, namun banyak orang mengatakan hal tersebut membuat diri menjadi lebih baik.

Tips dalam menghadapi kembali kehidupan sehari-hari bagi penderita kanker :
? Pastikan anda memiliki nomor telpon dan nama seseorang yang dapat dihubungi apabila anda mempunyai pertanyaan yang berhubungan dengan efek samping dari pengobatan.

? Sambutlah setiap hari dengan baik dan janganlah merasa khawatir

? Lakukanlah segala hal sesuai dengan kemampuan anda

? Janganlah merasa buruk apabila anda harus beristirahat. Pikiran dan badan anda masih membutuhkan banyak istirahat untuk memulihkan kondisi.

? Bersiaplah untuk menghadapi bermacam-macam reaksi dari orang yang ditemui

? Apabila anda merasa canggung untuk pergi keluar untuk pertamakalinya, pergilah dengan seseorang yang anda percaya

? Apabila orang-orang yang anda temui tidak tahu harus bereaksi apa terhadap anda, cobalah untuk tidak kecewa. Ingatlah, kebanyakan orang tidak ingin menyakiti hati anda.

? Janganlah merasa menjadi keharusan untuk menjelaskan banyak hal pada orang-orang yang anda temui apabila anda tidak menginginkannya.

? Apabila anda kembali bekerja, mintalah kepada atasan anda apakah anda bisa bekerja dengan waktu yang lebih sedikit dan memulainya dengan perlahan.

? Sampai anda siap, janganlah takut untuk mengambil pekerjaan ekstra. Keluarga dan tema-teman akan membantu anda.

? Cobalah ceritakan kekhawatiran dan perasaan anda pada orang lain

? Akan sangat membantu untuk berbicara dengan penderita kanker yang lain dan membuat suatu grup.

About author

No comments

Pengenalan Tumor / Kanker Overview

Neoplasma adalah massa / jaringan baru – abnormal yang terbentuk dalam tubuh, mempunyai bentuk dan sifat yang berbeda dari sel / jaringan asalnya / sesungguhnya. Keadaan ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann