Kehidupan Sehari-hari

0

Hidup dengan kanker dan pengobatannya dapat mempengaruhi kehidupan penderita maupun keluarga dalam berbagai cara. Pengaruh yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari biasanya dikarenakan ketidak mampuan penderita melakukan suatu hal. Atau mungkin penderita merasa terganggu dengan perubahan penampilannya setelah menderita kanker.

 

Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan sehari-hari, Anda dapat meminta bantuan orang-orang terdekat. Tetapi ada kalanya orang tersebut berhalangan untuk membantu Anda atau Anda sendiri merasa kurang nyaman jika meminta bantuan terus-menerus. Bicarakanlah dengan keluarga Anda bagaimanakah mereka dapat membantu Anda tanpa membuat Anda dan keluarga merasa tidak nyaman satu sama lain. Atau mungkin Anda dapat menggunakan alat bantu yang memudahkan Anda melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya kursi roda.

Kanker dapat mempengaruhi penampilan sehari-hari baik secara sementara atau pun permanen. Sebagai contohnya adalah kerontokan rambut dan kulit yang menjadi lebih gelap akibat efek samping kemoterapi dapat membuat penderita tidak percaya diri. Jangan putus asa dan perubahan ini membuat Anda menarik diri dari pergaulan. Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan rambut palsu atau wig untuk menutupi kepala Anda yang mungkin sudah botak. Untuk menutupi warna kulit yang lebih gelap, Anda dapat menggunakan pakaian lengan panjang serta bawahan panjang. Jika kulit dengan warna gelap tersebut terdapat pada wajah, Anda dapat belajar teknik menggunakan make-up yang dapat menyamarkan kekurangan Anda. Bahkan sekarang Anda dapat menggunakan payudara protese (tiruan) jika Anda merasa terganggu setelah melakukan mastektomi (pengangkatan payudara karena kanker). Berkonsultasilah dengan ahli rehabilitasi medik tentang kemungkinan protese yang dapat Anda pergunakan. 

About author

No comments

Bau Mulut…Malu bicara

Anda pasti enggan untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Penyebab faktornya adalah bau mulut. Yups, siapapun pasti tak  nyaman dengan keadaan ini. Taukah anda apa penyebab ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann