Kanker

0

Kanker pada tahun 1980-an dari data statistik angka kesakitan dan kematian akibat penyakit di Indonesia menempati peringkat ke 16. Seiring dengan pertambahan tahun ternyata peringkat kanker semakin naik terus. Pada tahun 2000-an Kanker telah menempati peringkat ke 8. Saat ini di beberapa hunian rumah sakit, angka kesakitan dan kematian karena kanker tidak jarang sudah menempati peringkat ke 1 s/d 4.

Masyarakat di Indonesia kadang masih agak rancu membedakan istilah tumor dan kanker. Tumor sebenarnya adalah setiap benjolan yang tidak normal pada tubuh. Tumor dapat dibagi dalam jenis Neoplasma dan Non Neoplasma. Neoplasma sendiri berdasarkan sifatnya dibagi dua yaitu Jinak dan Ganas. Tumor –> Neoplasma –> Ganas = Kanker.

Kanker sendiri dapat terbentuk dari sel jaringan kulit, sel jaringan organ, sel jaringan otot, sel jaringan penunjang, sel jaringan ikat, bahkan dari komponen darah. Hampir semua kanker tidak memberikan gejala/keluhan awal. Tetapi terdapat 2 jenis kanker yaitu kanker serviks dan kanker payudara yang telah dapat dilakukan deteksi dini, baik dengan tehnik Pap-smear maupun tehnik FNA-B.

Bidadari bersepakat bahwa faktor penyebab kanker adalah adanya Multi Hit Trauma yang pernah dan telah dialami seseorang selama masa hidupnya. Bidadari beranggapan bahwa kanker diawali dari mutasi DNA pada inti sel yang memiliki faktor proto-oncogen yang berubah menjadi faktor oncogen. Perubahan sel ini mungkin disebabkan kondisi sel yang terus menerus lemah dan atau sakit yang kemudian terkena paparan.

Pada sisi yang lain memang benar bila dinyatakan kanker adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian, penderitaan fisik dan sosial berkepanjangan dan tentu saja diikuti rasa nyeri. Karena itulah Bidadari menganggap, bahwa untuk upaya penanggulangan dan serangkaian kegiatan deteksi dini, diagnosa, tindakan dan perawatan akan membutuhkan dan melibatkan semua disiplin ilmu dan keilmuan untuk menghadapinya bersama-sama.

Tips Bidadari :

1. Kenali apa dan bagaimana kanker itu.

2. Kenali apa yang ada pada diri kita.

3. Kombinasikan kedua hal tersebut untuk penanggulangan dan penanganan kanker.

(Ananto Sidohutomo)

Pengenalan Kanker pada umumnya, silahkan pilih kajian dibawah ini : 

About author

No comments

Kekambuhan

Adanya perkembangan di bidang pengobatan kanker membuat banyak orang terselamatkan dari kanker. Namun dokter tidak pernah menjamin bahwa kanker tidak akan kembali lagi (rekuren). Mungkin ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann