Jenis Kelamin

0

Faktor risiko adalah hal yang membuat seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan suatu penyakit. Beberapa faktor risiko ada yang bisa diubah dan tidak. Faktor risiko umum kanker meliputi usia, jenis kelamin, riwayat kanker dalam keluarga, pola hidup, dan lingkungan. Seseorang yang mempunyai faktor risiko, tidak berarti orang tersebut pasti akan menderita kanker, hanya saja terdapat peningkatan kemungkinan terkena kanker.

Kanker yang paling sering mengenai kaum pria adalah kanker prostat; sementara pada kaum wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks.

Jika dipandang dari jenis kelamin, pencegahan kanker lebih ditujukan berdasarkan jenis kanker masing-masing yang ada. Misalkan, pada pria untuk mencegah terjadinya kanker prostat, maka setelah usia 45 tahun, mulai rajin untuk memeriksakan prostatnya kepada dokter. sementara pada wanita, setelah menopause, baik ada keluhan atau tidak mulai rutin memeriksakan payudara, baik dengan cara mammography ataupun USG payudara. Hal tersebut juga berlaku bagi kanker serviks, dimana seharusnya para wanita yang pernah melakukan hubungan seksual untuk rutin melakukan pap-smear.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker, dan tidak dibatasi oleh jenis kelamin. hal tersebut dapat berupa memiliki gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan makan-makanan yang sehat dan bergizi, tidak merokok. 

Tips: Memulai gaya hidup sehat dapat mencegah terjadinya kanker, sementara untuk jenis-jenis kanker yang terjadi hanya pada jenis kelamin tertentu pencegahan dimulai dengan rutin memeriksakan diri ke dokter, sehingga dapat di deteksi lebih awal.  

About author

No comments

Cantik & Seksi dengan High Heels

Sepatu bermodel high heels menjadi buruan kaum Hawa. Selain menampilkan keindahan, juga bisa membuat pemakainya terlihat lebih seksi. High heels atau sepatu bertumit tinggi adalah ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann