Jangan Asal Pilih Lagu Saat Mengemudi

0

Mendengarkan musik menjadi pilihan untuk mengusir kebosanaan saat mengemudi. Namun pilihan lagu ternyata dapat mempengaruhi cara mereka mengemudi.

Penelitian yang dilakukan Confused.com, beberapa lagu berbahaya bila didengarkan sambil menyetir. Dilansir MedicalDaily, penelitian tersebut menyatakan bahwa lagu “Hey Mama” yang dilantunkan oleh ‘Black Eyed Peas’ adalah lagu yang paling berbahaya untuk didengarkan sambil mengemudi. Sementara lagu milik penyanyi Norah Jones yang berjudul “Come Away with Me” adalah lagu teraman.

Penelitian yang melibatkan delapan responden, empat pria dan empat orang perempuan, yang masing-masing diminta untuk mengemudikan mobil sejauh 500 mil.

Pada 250 mil pertama, para responden mengemudikan mobil tanpa disertai alunan musik. Pada 250 mil selanjutnya, merekal diijinkan untuk memilih musik yang diminati.

Musik yang disediakan adalah dance, hip hop, heavy metal, dan musik klasik. Sepanjang perjalanan, para pengemudi dilacak menggunakan aplikasi ‘smartphone’, untuk melacak kecepatan, rem, dan akselerasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa musik memiliki pengaruh penting dengan bagaimana seseorang mengemudikan kendaraan.

Responden perempuan yang mendengarkan lagu hip-hop merupakan pengemudi yang paling agresif. Sementara jenis musik heavi-metal menyebabkan responden pria mengebut saat mengemudikan mobil.

Yang menarik, musik klasik ternyata memiliki efek menenangkan dan membuat para responden mengemudi dengan lebih teratur.

Psikolog dari London University, Dr. Simon Moore, mengatakan musik yang ideal saat mengemudi adalah musik yang memiliki tempo serupa dengan detak jantung, atau sekitar 60 hingga 80 ketuk per menit.

“Musik dengan ketukan cepat akan meningkatkan konsentrasi pengemudi pada musik yang didengar bukan pada jalan,” kata Moore.

Sementara tempo yang cepat akan membuta pengemudi secara tidak sadar mempercepat laju kendaraan agar sesuai dengan ketukan pada lagu. Selain itu, mendengarkan musik yang tidak Anda sukai akan sebabkan stress dan distraksi yang memberi pengaruh negatif pada pengemudi.

Tidak hanya Black Eyed Peas yang musiknya dinyatakan berbahaya untuk pengemudi. Beberapa lagu yang dilantunkan Ray Charlesm dan Johnny Cash juga masuk ke dalam daftar lagu yang berbahaya. (dne)

About author

No comments

Herbal

Ramuan tradisional/herbal ada umumnya bersifat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah dan melawan sel kanker, tetapi ada juga yang bisa membunuh sel kanker secara langsung, ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann