Interpertasi Hasil Pap Smear

0

Ada standar tertentu dalam menginformasikan hasil pemeriksaan pap smear yang disebut sistem Bethesda. Hasil pap smear yang normal disebut negatif terhadap lesi intraepitel (kelainan di dalam sel/keganasan). Hal ini berarti tidak ditemukan sel kanker.

Klasifikasi Papanicolau:

  1. Tidak ditemukan sel ganas 
  2. Nampak sel abnormal tetapi tidak tersangka keganasan
  3. Nampak sel-sel atypik yang meragukan untuk keganasan mohon diulang
  4. Nampak sel-sel yang mencurigakan keganasan
  5. Nampak adanya sel-sel ganas

Sampel dengan hasil sel abnormal dikategorikan (seperti dikemukakan oleh National Cancer Institute):

ASC (Atypical Squamous Cells): Sel skuamus tipis yang melapisi permukaan serviks. Sistem Bethesda mengkategorikan menjadi 2 grup:

ASC-US (Atypical Squamous Cells Undetermined Significance): Sel skuamus tidak berbentuk niormal, tetapi dokter tidak jelas dengan perubahannya. Kadang perubahan sel dikaitkan dengan infeksi HPV.ASC-US dianggap sebagai kelainan ringan.

ASC-H (Atypical Squamous Cells can not exclude High grade squamous intraepithelial lesion): Sel skuamus tampak tak normal, tetapi dokter tidak jelas dengan perubahannya. ASC-H dianggap beresiko tinggi menjadi stadium prakanker.

AGC (Atypical Glandular Cells): Sel glandula yang memproduksi mukus (semacam lendir), ditemukan di kanal endoserviks (tepian mulut rahim) atau di sepanjang uterus (kandungan). Pada kategori ini, sel glandula tampak tidak normal, tetapi dokter tidak jelas dengan perubahannya.

AIS (endocervical Adenocarcinoma In Situ): Sel prakanker ditemukan di glandular tissue (jaringan glandula).

LGSIL (Low Grade Squamous Intraepithelial Lesion): Ada perubahan dini pada ukuran dan bentuk sel. Lesi berarti ada jaringan abnormal. Intraepitel berarti lapisan yang mengisi sel. LGSIL dianggap sebagai kelainan ringan yang disebabkan oleh infeksi HPV.

HGSIL (High Grade Squamous Intraepithelial Lesion): High Grade berarti ada perubahan tingkat lanjut dari ukuran dan bentuk sel (sel prakanker). Lesi berarti ada jaringan abnormal. HGSIL merupakan kelainan tingkat lanjut yang dapat berkembang menjadi kanker invasif.

About author

No comments

Vitamin dan Suplemen

Salah satu cara pengobatan alternatif untuk kanker, khususnya yang diproduksi oleh pabrik-pabrik farmasi dan dipasarkan ialah berupa vitamin atau makanan suplemen. Di Indonesia kita mengenal ...
WP-Backgrounds by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann